
Hubungan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 045 Tarakan
Pengarang : Mega Bulaeng - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 045 Tarakan. Jenis Penelitian Ini Ialah Regresi Sederhana. Penelitian Ini Di Laksanakan Pada Bulan Maret 2018. Dengan Populasi Seluruh Siswa Kelas V SDN 045 Tarakan Dan Sampel Yang Terdiri Dari Dua Kelas Yaitu Kelas VA Dan Kelas VB. Teknik Pengumpulan Data Yang Di Gunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Observasi, Tes Hasil Belajar, Dan Dokumentasi.
Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Terdapat Hubungan Yang Signifikan Antara Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 045 Tarakan. Hasil Uji Keberartian Koefisien Korelasi Antara Variabel Lingkungan Sekolah Dan Hasil Belajar Siswa Di Peroleh Nilai Thitung = 6.697 Pada Taraf Signifikansi 0,05/2 = 0,025 Dan Dk = N-2 = 58 Untuk Uji Dua Pihak Maka Di Peroleh Nilai Tabel = 2,001 Berarti Thitung > Ttabel.
Dengan Demikian Dapat Di Simpulkan Bahwa Lingkungan Sekolah Erat Kaitannya Dengan Hasil Belajar Siswa Atau Dengan Kata Lain Terdapat Hubungan Yang Signifikan Antara Lingkungan Sekolah Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 045 Tarakan.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar, IPA
This Study Aims To Determine The Relationship Of School Environment To The Result Of Learning IPA Grade V Students 045 Tarakan. This Type Of Research Is A Simple Regression. This Research Was Conducted In March 2018. With The Population Of All Students Of Grade V SDN 045 Tarakan. And A Sample Consisting Of To Classes Namely V-A And V-B. Data Collection Techniques In This Study Are Observation, Test Learning Outcomes And Documentation. The Results Of This Study Indicate That There Is A Significant Relationship Between The School Environment With The Result Of Science Learning Of Grade Student Of SDN 045 Tarakan. Result Of Significance Test Of Correlation Coefficient Between School Environment Variable And Student Learning Result Obtained Value Tcount = 6.697 At A Significance Level Of 0,05/2 = 0,25 And Dk = N-2 = 58 For The Two-Sided Test The Value Is Obtained The Ttabel = 2,001 Means Tcount > Ttabel. Thus Is Can Be Concluded That The School Environment Is Closely Related To Student Learning Outcomes Or In Other Words There Is Significant Relationship Between On The School Environment And The Learning Outcomes Of Students In Grade V SDN 045 Tarakan. Keywords: School Environment, Learning Outcomes, Science