Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Diaroma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III A SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Diaroma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III A SDN 031 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Diaroma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III A SDN 031 Tarakan

Pengarang : Maimunah Anjani Putri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Proses Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Aktivitas Siswa Dan Aktivitas Guru, Serta Mendeskripsikan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Diaroma Pada Siswa Kelas III A SDN 031 Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian, 22 Siswa Yang Terdiri Dari 12 Siswa Laki-Laki Dan 10 Siswa Perempuan. Penelitian Dilaksanakan 2 Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan. Prosedur Tiap Siklus Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Yaitu Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru, Penilaian Kognitif, Psikomotorik, Dan Afektif.
Hasil Penelitian Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Diaroma Menunjukkan Adanya Peningkatan Dalam Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Pada Siklus I Ketuntasan Aktivitas Siswa 80,8%, Siklus II Menjadi 89,7%. Pada Siklus I Ketuntasan Aktivitas Guru 70,9%, Siklus II Menjadi 87,8%. Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif 59%, Siklus II Menjadi 95%. Siklus I Aspek Psikomotorik 63% Kategori Minimal Baik, Siklus II Meningkat Menjadi 100%. Siklus I Aspek Afektif 27%, Siklus II Meningkat Secara Signifikan Menjadi 100% Kategori Minimal Baik. Maka Penelitian Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Index Card Match, Media Diaroma, Hasil Belajar IPA

The Purpose Of This Study Was To Describe The Science Learning Process In Terms Of Student Activities And Teacher Activities, As Well As Describing Student Learning Outcomes Using The Learning Model Of Index Card Match With Media Diaroma Assisted In Third Grade A Students Of SDN 031 Tarakan. The Type Of Research Used In Classroom Action Research. Research Subject, 22 Students Consisting Of 12 Male Students And 10 Female Students. The Study Was Conducted 2 Cycles Per Cycle Consisting Of 2 Meetings. The Procedure Of Each Cycle Is Planning, Action, Observation, And Reflection. Data Obtained In The Research Are Student Observation Sheet, Teacher Observation Sheet, Cognitive, Psychomotor, And Affective Assessment. The Results Showed That Learning Model Of Index Card Matches Assisted By Media Diaroma Can Improve The Learning Outcomes Of Science Students Of Class III A SDN 031 Tarakan. In The First Cycle The Completeness Of Student Activities 80,8%, In The Second Cycle Increased To 89,7%. In The First Cycle The Completeness Of Teacher Activities 70,9% In The Second Cycle Increased To 87,8%. The Cycle I Student Learning Outcomes In Cognitive Aspects Of 59% In The Second Cycle Increased 95%. In The First Cycle Psychomotor Aspects 63% Minimal Good Category, In Cycle II Increases To 100%. Affective Aspect I Cycle 27%, Cycle II Increased Significantly To 100% Minimal Good Category. So It Can Be Said The Research Has Been Successful And In Accordance With The Success Indicators. Keywords: Index Card Match Learning Model, Diaroma, Science Learning Outcomes

Detail Informasi