
Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV MI Al-Fatah Tarakan
Pengarang : Irma Fatimah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Siswa Kelas IV MI Al-Fatah Tarakan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian Adalah 29 Siswa, Siswa Laki-Laki Berjumlah 14 Siswa Dan Perempuan Berjumlah 15 Siswa. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam II Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Meliputi Lembar Observasi Kegiatan Guru, Aktivitas Siswa, Penelitian Kognitif, Psikomotorik, Dan Afektif.
Hasil Penelitian Dengan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MI Al-Fatah Tarakan. Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Aspek Kognitif Sebesar 45% Menjadi 86% Pada Siklus II, Aspek Psikomotorik Siklus I Sebesar 41% Menjadi 79% Pada Siklus II, Dan Aspek Afektif Siklus I Sebesar 34% Menjadi 83% Pada Siklus II. Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Penelitian Telah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
The Aim Of This Research Was To Increasing Science Learning Results With Used PAKEM To The Fourth Grade Students Of MI Al-Fatah In Tarakan. The Design Of This Research Used Class Action Classroom (CAT). The Subjects Of The Research Consists Of 29 Students. 14 Are Male Students And 15 Students Are Female. This Research Conducted In Two Cycles, Each Cycle Consists Of Planning, Action, Observation, And Reflection. The Data Which Obtained Are Teacher Observation Sheet, Students’ Activity, Research Of Cognitive, Psychomotor, And Affective. The Result Of PAKEM Model Can Increase Learning Result In Science To The Fourth Grade Students Of MI Al-Fatah In Tarakan. In Cycle I The Completeness Of Learning Result In Cognitive Aspect Gain 45% Become 86% In Cycle II , Psychomotor Aspect in Cycle I Gain 41% Become 79% In Cycle II, Affective Aspect In Cycle I Gain 34% Become 83% In Cycle II. So, It Can Be Concluded That This Research Succeed and Suitable with the Success Indicator. Keywords: The Application of Active, Creative, Effective and Fun Learning (PAKEM), Learning Results, Science