
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V-B Di SDN 017 Tarakan
Pengarang : Ilham Jaya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya, Dengan Menggunakan Metode Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas V-B SDN 017 Tarakan.
Jenispenelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilaksanakan Di SDN 017 Tarakan Pada Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas V-B SDN 017 Tarakan Yang Berjumlah 25 Siswa Dengan Siswa Laki-Laki Berjumlah 14 Siswa Dan Perempuan Berjumlah 14 Siswa. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Kali Pertemuan.Prosedur Tiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Data Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Meliputi Lembar Observasi Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Guru, Penilaian Aspek Kognitif (Tes Hasil Belajar), Aspek Afektif, Dan Aspek Psikomotorik . Dan Kreativitas Siswa.
Hasil Penelitian Menunjukkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dapat Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 017 Tarakan. Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif 47% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 83%. Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Afektif 37% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 89%. Kemudian Pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Aspek Psikomotorik 28% Pada Siklus II Meningkat Menjadi 100% Dan Pada Aspek Kreativitas Siswa Siklus I 26% Pada Siklus II Mengalami Peningkatan Menjadi 89%. Maka Dapat Dikatakan Bahwa Penelitian Sudah Berhasil Dan Sesuai Dengan Indikator Keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
The Purpose Of This Research Is To Improve The Creativity And Learning Outcome Of IPA Material Light Properties, Using Two Stay Two Stray Method On The Students Of Grade V-B SDN 017 Tarakan. The Type Of Research Used Is Class Action Research (PTK) Conducted At SDN 017 Tarakan In Second Semester Of Academic Year 2017/2018. The Subjects Were V-B Students Of SDN 017 Tarakan With 25 Students And 14 Boys And 14 Female Students. This Study Was Conducted In 2 Cycles Each Cycle Consisting Of 2 Meetings. The Procedure Of Each Cycle Consists Of Planning, Action, Observation, And Reflection. Data Obtained In This Research Include Observation Sheet Of Student Activity, Observation Sheet Of Teacher Activity, Cognitive Aspect Assessment (Test Of Learning Result), Affective Aspect, And Psychomotor Aspect. And Student Creativity. The Results Showed Cooperative Learning Model Type Two Stay Two Stray Can Improve The Creativity And Learning Outcomes Of Science Students V-B Grade SDN 017 Tarakan. In The First Cycle, The Students' Learning Achievement Of Cognitive Aspects Of 47% In Cycle II Increased To 83%. In The First Cycle Of Students' Learning Achievement, The Affective Aspects Of 37% In Cycle II Increased To 89%. Then In Cycle I Mastery Of Students' Learning Outcomes 28% Psychomotor Aspects In Cycle II Increased To 100% And On Creativity Aspects Of Students Cycle I 26% In Cycle II Increased To 89%. So It Can Be Said That The Research Has Been Successful And In Accordance With Success Indicators. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Type Two Stay Two Stray