Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Muhammad Ogi Andriansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan yang mengacu pada tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan orisinalitas. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan, mulai tanggal 17 Januari - 17 februari 2022 di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Informan pada penelitian ini sebanyak 3 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan 1) hanya terdapat 1 indikator yang masuk kriteria tinggi yaitu indikator kefasihan yang terlihat dari kemampuan semua subjek dalam menyelesaikan soal matematika dengan jawaban yang bervariasi dan bernilai benar; 2) Indikator fleksibilitas tergolong sedang karena hanya ada 2 subjek yang mampu menyelesaikan soal matematika dengan cara yang berbeda; 3) Indikator orisinalitas tergolong rendah karena hanya 1 subjek yang mampu menyelesaikan soal matematika dengan caranya sendiri.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Pendidikan Matematika

The purpose of this study was to determine the mathematical creative thinking ability of eighth grade students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan in terms of three indicators, namely fluency, flexibility, and originality. This research was conducted for 1 month, starting from January 17 to February 17, 2022, at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The informants in this study were 3 people who were selected using purposive sampling. Data collection was carried out by observation, interviews, and documentation analysis and then analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions/Vverification. The findings of this study showed that 1) only one indicator, fluency, entered the high criteria for the ability to think creatively and mathematically at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, as seen from the ability of all subjects to solve math problems with a variety of answers and correct scores; 2) the flexibility indicator was moderate because only two subjects were capable of solving math problems in different ways; and 3) the indicator of originality was low because only 1 subject was able to solve math problems in their own way. Keywords: Mathematical Creative Thinking, Mathematics Education

Detail Informasi