Pengembangan Media Teka-Teki Silang (TTS) Materi Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Pada Siswa Kelas II Di SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Teka-Teki Silang (TTS) Materi Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Pada Siswa Kelas II Di SDN 029 Tarakan

Pengembangan Media Teka-Teki Silang (TTS) Materi Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Pada Siswa Kelas II Di SDN 029 Tarakan

Pengarang : Utari Putri Aznur - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa Media Teka-Teki Silang (TTS) yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran, yang ditinjau dari validasi media, materi, dan juga bahasa. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketertarikan guru terhadap media Teka-Teki Silang (TTS). Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari atas 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang telah dilakukan terhadap ahli media diperoleh persentase sebesar 82%, ahli materi sebesar 96%, ahli bahasa 100%. Hasil validasi yang dilakukan menunjukkan bahwa media Teka-Teki Silang (TTS) berada pada kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba ketertarikan guru terhadap media Teka-Teki Silang (TTS) memperoleh persentase sebesar 78% pada uji coba terbatas, dan 89% pada uji coba pemakaian produk akhir. Hasil dari uji coba terbatas dan juga uji coba pemakaian menunjukkan bahwa guru merasa sangat tertarik terhadap media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS).

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan; Model ADDIE; Teka-Teki Silang (TTS)

This research was designed using a research and development method. It aimed to create learning media in the form of Crossword Puzzle that were suitable for use ini learning, which were viewed from the validation media, material, dan language. In addition, this study was conducted to determine students interest in the Crossworld Puzzle media. The research methodology employed was the ADDIE development model, which had five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. A percentage of 82% was found in the validation results for media experts, 96% for material experts, and 100% for linguists. Based on the findings og the validation process, the Crossworld Puzzle media fell into the category of very appropriate for use in learning. The results of the test of student interest in the Crosswordl Puzzle media obtained a percentage of 78% in a limited trial, and 89% in a trial using the final product. The results if the limited trial and also the use trial showed that the teacher felt very interested in the Crossworld Puzzle media. Keyword: Research and Development; ADDIE Development Model; Crossworld Puzzle

Detail Informasi