
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 023 Tarakan
Pengarang : Haspawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Eksperimen Semu Yang Digunakan Untuk Mencari Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 023 Tarakan. Penelitian Ini Dilaksanakan Pada Bulan Februari 2018 Di Kelas V. Desain Penelitian Ini Adalah Nonquivalent Control Group Design Dengan Populasi Siswa Kelas V SDN 023 Tarakan Dengan Jumlah Keseluruhan 84 Siswa. Sampel Dalam Penelitian Ini Terdiri Dari Dua Kelas Yaitu Kelas VC Sebagai Kelas Eksperimen Dan VA Sebagai Kelas Kontrol. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Simple Random Sampling. Materi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Sifat-Sifat Cahaya.
Analisis Data Yang Digunakan Untuk Menganalisis Data Hasil Penelitian Adalah Statistik Deskriptif Dan Statistik Inferensial Dengan Bantuan SPSS V.21 For Windows. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Eksperimen Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Lebih Besar Daripada Kemampuan Berpikir Kritis Kelas Kontrol Yang Diajar Dengan Menggunakan Pembelajaran Langsung. Hasil Uji Independent Sample T-Test Terhadap Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Diperoleh Thitung 5,865 Pada Taraf Signifikansi 0,05 Dan Df = 54 Diperoleh 1,6736 Berarti Thitung > Ttabel.
Dengan Demikian, Penggunan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Memberikan Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis
This Type Of Research Is A Quasi-Experimental Research That Is Used To Find The Influence Of Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) On The Critical Thinking Skills Of V Students Of SDN 023 Tarakan. This Research Was Conducted In February 2018 In Class V. The Design Of This Research Is Nonequivalent Control Group Design With A Population Of Students Of Grade V SDN 023 Tarakan With A Total Of 84 Students. The Sample In This Research Consists Of Two Classes, Namely VC Class As Experiment Class And VA As Control Class. Sampling Technique Using Simple Random Sampling. The Material Used In This Research Is The Properties Of Light. Data Analysis Used To Analyze Data Of Research Result Is Descriptive Statistic And Inferential Statistic With SPSS V.21 For Windows. The Results Showed That The Critical Thinking Ability Of The Experimental Class Students Taught Using The Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) Is Greater Than The Critical Thinking Skill Of The Control Class Taught By Using Direct Learning. The Result Of The Independent Sample T-Test On The Effect Of Cooperative Learning Model Of Think Pair Share (TPS) With Direct Learning In Terms Of Critical Thinking Ability Of Students Is Obtained T Count 5,865 At Significance Level 0,05 And Df = 54 Obtained 1,6736 Mean Tcount > Ttabel. Thus, The Use Of Think Pair Share Cooperative Learning Model (TPS) Has A Significant Impact On Students' Critical Thinking Skills. Keywords: Think Pair Share (TPS), Critical Thinking Ability