Analisis Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan

Analisis Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan

Pengarang : Fitria Isnaeni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus Pada Penelitian Ini Adalah Analisis Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan Dan Dampak Implementasi Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif Yang Dilaksanakan Di SDN 033 Tarakan Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Sumber Penelitian Adalah Data Primer Dan Data Sekunder. Informan Pada Penelitian Ini Adalah Pengawas Sekolah, Kepada Sekolah, Guru Kelas V.A, V.D Dan Dua Orang Siswa Kelas V.A Dan V.D. Teknik Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Pada Penelitian Ini Adalah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan Analisis Data Dan Pembahasan Hasil Penelitian Pada Fokus Pertama Yaitu Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan Meliputi Proses Mengenal Karakteristik Dasar Anak Didik Yang Harus Dicapai Melalui Pembelajaran, Memilih Sistem Pendekatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kultur Aspirasi Dan Pandangan Filosofis Masyarakat, Memilih Dan Menetapkan Prosedur Metode Dan Teknik Mengajar, Menetapkan Norma-Norma Atau Kriteriakriteria Keberhasilan Belajar. Fokus Kedua Yaitu Dampak Implementasi Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Yang Dapat Dilihat Dari Kuat Kemauan Untuk Belajar, Penghargaan Dalam Belajar, Kegiatan Menarik Dalam Pembelajaran Dan Menunjukkan Minat Dengan Menghubungkan Persoalan Yang Lampau.

Kata Kunci: Strategi Belajar Mengajar Guru IPS Kelas V SDN 033 Tarakan

The Focus Of This Research Is The Analysis Of Teaching And Learning Strategy Of IPS Class V SDN 033 Tarakan And The Impact Of The Implementation Of Teaching And Learning Strategy Of Class IPS Teacher SDN 033 Tarakan On Student Learning Motivation. The Type Of Research Used Is Descriptive Qualitative Research Conducted At SDN 033 Tarakan In The Academic Year 2017/2018. Sources Of Research Are Primary Data And Secondary Data. Informants In This Study Were School Supervisors, To The School, Teachers Of Class V.A, V.D And Two Students Of Class V.A And V.D. Data Collection Techniques In This Study Are Interviews, Observation, And Documentation. Data Analysis Technique In This Research Is Data Reduction, Data Presentation, And Conclusion. Based On Data Analysis And Discussion Of Research Result At First Focus That Is Teaching And Learning Strategy Of Class IPS Teacher Of SDN 033 Tarakan Covering Process To Know The Basic Characteristic Of Students That Must Be Achieved Through Learning, Choosing A Teaching And Learning Approach Based On Aspiration Culture And Philosophical View Of Society, Procedures Of Teaching Methods And Techniques, Establishing The Norms Or Criteria Of Learning Success. The Second Focus Is The Impact Of The Implementation Of Teaching And Learning Strategy Of Class IPS Teacher SDN 033 Tarakan On Student Learning Motivation Which Can Be Seen From The Strong Willingness To Learn, Appreciation In Learning, Interesting Activity In Learning And Showing Interest By Connecting The Past Problem. Keywords: Teaching And Learning Strategies Teachers IPS Class V SDN 033 Tarakan

Detail Informasi