Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Dalam Mengembangkan Karakter Pada Siswa Kelas V A SDN 007 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Dalam Mengembangkan Karakter Pada Siswa Kelas V A SDN 007 Tarakan

Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Dalam Mengembangkan Karakter Pada Siswa Kelas V A SDN 007 Tarakan

Pengarang : Elza Minawati Dewi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menghasilkan Modul Pembelajaran Untuk Kelas V Pada Materi Benda Dan Sifatnya Di SDN 007 Tarakan Dan Menghasilkan Modul Yang Layak Untuk Digunakan.
Penelitian Ini Menggunakan Metode Research And Development. Model Penelitian Pengembangan Ini Menggunakan Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Oleh Thiagarajan, Semmel, Dan Semmel (1974) Yaitu Model 4-D. Model 4-D Yang Dilakukan Dalam Penelitian Ini Dibatasi Sampai 3 Tahapan: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development).
Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Modul Termasuk Dalam Kategori Layak Dari Aspek Isi Dengan Nilai Rata-Rata 91,18 Kategori Sangat Baik, Aspek Penyajian Dengan Nilai Rata-Rata 90,62 Kategori Sangat Baik, Aspek Kegrafisan Dengan Nilai Rata-Rata 94,91 Kategori Sangat Baik, Aspek Bahasa Dengan Nilai Rata-Rata 94,66 Kategori Sangat Baik. Keefektifan Modul Dilihat Dari Hasil Respon Siswa Dengan Rata-Rata Nilai 93,74 Dengan Kategori Sangat Baik Dan Hasil Keterbacaan Modul Memperoleh Memperoleh Persentase 94,80% Dengan Kategori Mudah. Modul Dapat Mengembangkan Karakter Siswa Khususnya Karakter Rasa Ingin Tahu, Jujur,Serta Kreatif Dengan Nilai Rata-Rata 89,58 Dengan Kategori Sangat Baik.

Kata Kunci: Modul IPA Berkarakter, Keterampilan Proses Sains, IPA SD

This Study Aims To Produce Learning Modules For Class V On Material Objects And Their Properties In SDN 007 Tarakan And Produce Modules That Are Suitable For Use This Research Uses Research And Development Method. This Research Development Model Uses Software Development Model By Thiagarajan, Semmel, And Semmel (1974) That Is 4-D Model. The 4-D Model Undertaken In This Study Is Up To 3 Stages: Define, Design, Development (Development). The Results Of This Study Indicate That The Module Included In The Category Worthy Of The Contents With An Average Of 91.18 Categories Is Very Good, The Presentation Aspect With An Average Of 90.62 Categories Is Very Good, The Aspect Of Graphics With An Average Of 94.91 Categories Is Very Good, With An Average Of 94,66 Categories Is Very Good. The Effectiveness Of The Module Is Seen From The Result Of Student's Response With The Average Of 93,74 With Very Good Category And The Result Of The Readability Of The Module Can Be Downloaded 94,80% With Easy Category. The Module Can Develop Students' Characters With An Average Character With An Average Grade Of 89.58 With Excellent Category. Keywords: Character Science Module, Science Process Skills, Primary School Science

Detail Informasi