Hubungan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan

Hubungan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan

Pengarang : Eka Sakti Octavia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Antara Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan. Penelitian Ini Dilaksanakan Pada Tanggal 24 Februari S.D 24 Maret 2018 Di SDN 050 Tarakan.
Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Seluruh Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan. Sampel Penelitian Ini Berjumlah 150 Siswa Yang Diambil Dengan Teknik Nonprobability Sampling Dengan Jenis Sampling Jenuh Pengambilan Sampel Bila Semua Anggota Populasi Digunakan Sebagai Sampel. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Angket, Wawancara Tidak Terstruktur, Dokumentasi Dan Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Regresi Linier Sederhana Dengan Bantuan Program Software SPSS 21.0 For Windows.
Hasil Analisis Data Penelitian Menunjukkan Ada Hubungan Signifikan Antara Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan Dengan Persamaan Regresi Y = 16,719 + 0,743 X. Dimana Signifikansi Hubungan Ditunjukkan Oleh Fhitung 74,774 > Ftabel 3,91. Sedangkan Melalui Uji T Diperoleh Nilai Thitung 8,647 > Ttabel 1,976. Hal Tersebut Menunjukkan Bahwa Ada Hubungan Signifikan Antara Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 050 Tarakan.
Dari Hasil Uji Hipotesis Diperoleh Rhitung 0,579 > Rtabel 0,159, Menunjukkan Bahwa Besarnya Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Adalah Sebesar 33,6 % Sedangkan Sisanya 66,4 % Dipengaruhi Oleh Variabel Lain.

Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

This Study Aimed To Aind Cut The Relation Between School Environment And Motivation To Learning Science Of Fourth Grade Students At SDN 050 Tarakan. This Study Was Implemented In February 24th Until March 24th 2018 At SDN 050 Tarakan. The Population In This Study Was As Of Fourth Grade Students At SDN 050 Tarakan. The Sample Was 150 Students Which Taken By Non Probability Sampling With Saturated Sampling, Where The Sample Was Taken If All Of Population Is Used As Sample. The Technique To Collecting Data Were Questionnaire, Interview Unstructured, Documentation, And Technique Analysis Data Was The Simple Regresi Linier Analysis With Haped Software SPSS 21.0 Program For Windows. The Result Of Data Analysis Showed That There Was The Signifant Relation Between School Environment Toward The Motivation To Learning Science Of Fourth Grade Students At SDN 050 Tarakan With The Equatin Of Regressing Y = 16,719 + 0,743 X. Where The Signifant Relation Showed By Fcount 74,774 > Ftable 3,91. Meanwhile By T Test Dataimed Score Tcount 8,647 > Ttable 1,976. It Showed That There Was The Relation Between The School Environment Toward The Motivation To Learning Science Of Fourth Grade Students At SDN 050 Tarakan. The Result Of Hypothesis Test Obtained Rcount 0,579 > Rtable 0,159, Showed That The Big Influence Of School Environment Toword The Motivation To Learning Science Of Students Was 33,6%. Meanwhile The Other 66,4% Was Influenced By A Another Variabel. Keywords: Environment School, Learning Motivation

Detail Informasi