
The Correlation Between Students’ Learning Motivation And Students’ English Achievement During The Pandemic At 8th Grade Students Of SMPN 1 Tarakan
Pengarang : Megawati Oktafiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas delapan di SMPN 1 Tarakan selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. 54 siswa dari kelas delapan di SMP Negeri 1 Tarakan diambil sebagai sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dari motivasi belajar dan dokumen analisis nilai Ujian akhir Semester bahasa Inggris. Untuk menemukan hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa, peneliti menggunakan pearson product moment korelasi untuk menganalisa data. Hasil dari kuesioner motivasi belajar menemukan bahwa motivasi belajar siswa dari kelas delapan di SMPN 1 Tarakan selama pandemi berada pada klasifikasi rendah. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa (59.50) dengan hasil presentase (29.63%). Hasil dari nilai bahasa Inggris siswa menemukan bahwa nilai bahasa Inggris siwa kelas delapan di SMPN 1 Tarakan selama pandemi berada pada kategori rendah. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata (57.19) dari hasil nilai ujian akhir semester bahasa Inggris siswa dengan persentase (66.67%). Analisis penelitian ini dengan menggunakan pearson product moment korelasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas delapan di Smpn 1 Tarakan selama masa pandemi. Tingkat korelasi koesfisien pada penelitian ini berada pada kategori sangat tinggi.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pandemi
This research aim was to determine the correlation between students' learning motivation and English achievement in eighth grade at SMPN 1 Tarakan during the pandemic. This study used a quantitative approach with the correlation method. Fifty-four eighth-graders at SMP Negeri 1 Tarakan were taken as the sample in this study using a stratified random sampling technique. To get the data employed, a learning motivation questionnaire and document analysis; of the students' English Semester Exam scores. The research analysis used Pearson's product-moment correlation to determine the relationship between students' learning motivation and English learning achievement. The questionnaire results declared that the eighth graders' learning motivation of SMPN 1 Tarakan during the pandemic was in the low classification, with a mean score of 59.50 with 29.63%. Additionally, the eighth-graders' English scores were in a low category during the pandemic, where the mean score was 57.19, about 66.67%. This finding indicated a significant relationship between students' learning motivation and English achievement at SMPN 1 Tarakan during the pandemic, with a very high level of correlation. Keywords: Learning Motivation, Learning Achievement, pandemic.