
Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Minat Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 12 Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022
Pengarang : Ayu Afridah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan minat belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Tarakan. Penyesuaian diri merupakan proses bagaimana individu mencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas VII 3 dan VII 4 di SMP Negeri 2 Tarakan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial, dan uji korelasi product moment dibantu aplikasi IMB Statistikal Product and Service Solution SPSS versi, 20.0 for windows. Hasil penelitian diketahui nilai korelasi rhitung antara penyesuaian diri dengan minat belajar menunjukan angka sebesar 0,221 dan rtabel dengan angka sebesar 0,244, dengan demikian tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Minat Belajar
The study aimed to determine the relationship between self-adjustment and interest in learning. In grade VII students at SMP Negeri 12 Tarakan. Self-adjustment is how individuals achieve self-balance in meeting their needs according to their environment. This research uses quantitative research using a correlation approach. The sampling technique used was simple random sampling with a total sample of 64 students of classes VII 3 and VII 4 at SMP Negeri 12 Tarakan. Data analysis used descriptive, inferential, and product moment assisted by the IMB Statistical Product and Service Solution version 20.0 for windows. The study result show that the rcount correlation value between self-adjustment and learning interest is 0.221, and rtable is 0.244. Thus, no significant relationship between self-adjustment and the learning interest of class VII students at SMP Negeri 12 Tarakan in the Academic Year 2021/2022. Keywords: Self Adjustment, Learning Interest