Improving Student’s Speaking Performance Using Jigsaw & Role-Play Learning Model At Second Grade Of SMP Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving Student’s Speaking Performance Using Jigsaw & Role-Play Learning Model At Second Grade Of  SMP Frater Don Bosco Tarakan

Improving Student’s Speaking Performance Using Jigsaw & Role-Play Learning Model At Second Grade Of SMP Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Desti Natalia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw & role-play pada kelas tingkat 2 SMP Frater Don Bosco Kota Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan melalui empat tahap (1) Planing; (2) Action; (3) Observation; (4) Reflection dengan jenis pengambilan data kualitatif, analisis dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung didalam kelas dan bentuk test soal yang diberikan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan indikator kesuksesan penelitian. Model pembelajaran yang digunakan diaplikasikan kepada 25 siswa kelas tingkat 2 pada SMP frater Don Bosco Tarakan. Hasil penelitian pada penerapan model pembelajaran jigsaw siswa mampu bekerja sama, berdiskusi dan saling bertukar pendapat mengenai pembelajaran dan pada penerapan model pembelajaran role-play siswa percaya diri untuk menyampaikan pendapat pada siklus pertama indikator kesuksesan mencapai 60 % dan pada siklus kedua terjadi peningkatan sebanyak 24% sehingga secara keseluruhan hasil penelitian pada siklus kedua pada siswa tingkat 2 SMP Frater Don Bosco Tarakan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat sebanyak 84% dan telah mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes pada siklus kedua penelitian. Oleh sebab itu penelitian dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator kesuksesan penelitian.

Kata kunci : Keterampilan berbicara siswa, model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran role-play

This research aims to improve students’ speaking performance by using the Jigsaw and Role-Play model for second-grade students of Junior High School of Don Bosco Tarakan. The research design used was Classroom Action Research (CAR) with four stages; (1) Planning; (2) Actions; (3) Observations; (4) Reflection. The number of students in this research was 25 in the second grade of Junior High School Don Bosco Tarakan. The research result showed that the Jigsaw and Role-Play model was used by English language teachers, indicating that students’ speaking performance goes up based on students’ work together, discussion, and exchange of opinions about learning materials. The first cycle reached 60% of the success indicator, and in the second cycle, there was an increase of 24%, so the students’ speaking performance incresead by 84% and reached the minimum score (KKM). So, it can be concluded that the Jigsaw & Role Play learning model can improve students’ speaking performance. Keywords : Students’ Spaking Performance, Jigsaw, and Role Play Model

Detail Informasi