
Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SDN 006 Tarakan
Pengarang : Arista Insanis Naini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Eksperimen Semu Yang Digunakan Untuk Mencari Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SDN 006 Tarakan. Penelitian Ini Dilaksanakan Pada Bulan Februari 2018 Di Kelas V. Desain Penelitian Ini Adalah Nonquivalent Control Group Design Dengan Populasi Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan Dengan Jumlah Keseluruhan 115 Siswa. Sampel Dalam Penelitian Ini Terdiri Dari Dua Kelas Yaitu Kelas VD Sebagai Kelas Eksperimen Dan VA Sebagai Kelas Kontrol. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Simple Random Sampling. Materi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Sifat-Sifat Cahaya.
Analisis Data Yang Digunakan Untuk Menganalisis Data Hasil Penelitian Adalah Statistik Inferensial Dengan Bantuan SPSS V.21 For Windows. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Keaktifan Belajar Siswa Kelas Eksperimen Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Lebih Besar Daripada Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas Kontrol Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Hasil Uji Independent Sample T-Test Terhadap Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Dengan Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Diperoleh Thitung = 5,115 . Pada Taraf Signifikansi 0,05 Dan Df = 55, Diperoleh Ttabel = 1,673, Berarti Thitung > Ttabel. Dengan Demikian, Penggunan Model Pembelajaran PAIKEM Memberikan Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa.
Kata Kunci: PAIKEM, Keaktifan Belajar Siswa
Type Of Research Is A Quasi-Experimental Research Used To Find The Influence Of PAIKEM Learning Model On Student Learning Activity In Class V SDN 006 Tarakan. This Research Was Conducted In February 2018 In Class V. The Design Of This Research Was Nonquivalent Control Group Design With A Population Of Students Of Grade V SDN 006 Tarakan With A Total Of 115 Students. The Sample In This Research Consists Of Two Classes, Namely VD Class As Experiment Class And VA As Control Class. Sampling Technique Using Simple Random Sampling. The Material Used In This Research Is The Properties Of Light. Data Analysis Used To Analyze Data Of Research Result Is Inferential Statistic With SPSS V.21 For Windows. The Results Showed That The Learning Activity Of The Experimental Class Students Taught Using PAIKEM Learning Model Is Greater Than The Students' Learning Activity In The Control Class Taught By Using The Direct Learning Model. The Result Of Independent Sample T-Test On Influence Of PAIKEM Learning Model With Direct Learning Is Viewed From Student Learning Activity Obtained Tcount = 5,115. At The Significance Level Of 0.05 And Df = 55, Obtained Ttable = 1.673, Means Tcount> Ttable. Thus, The Use Of PAIKEM Learning Model Gives A Significant Influence On Student Learning Activeness. Keywords: PAIKEM, Activity Of Student Learning