Pengembangan Sumber Ajar IPA Berbasis Majalah Sky Object Pada Materi Sistem Tata Surya Di Kelas VI SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Sumber Ajar IPA Berbasis Majalah Sky Object Pada Materi Sistem Tata Surya Di Kelas VI SDN 031 Tarakan

Pengembangan Sumber Ajar IPA Berbasis Majalah Sky Object Pada Materi Sistem Tata Surya Di Kelas VI SDN 031 Tarakan

Pengarang : Analisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber pembelajaran berupa Majalah IPA materi sistem tata surya yang berkualitas dilihat dari aspek kelayakan, dan aspek kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan Sugiyono (2015), yang melalui tahapan (potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk 1, uji coba kelompok besar dan revisi produk 2). Penilaian produk dinilai oleh 3 ahli, yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan praktisi guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 031 Tarakan dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang.
Kriteria kualitas sumber pembelajaran yang baik memenuhi 2 aspek, sebagai berikut: aspek kelayakan dan aspek kepraktisan. Kriteria kualitas majalah pembelajaran materi sistem tata surya dilihat dari aspek kelayakan memperoleh skor sebesar 92% pada uji coba skala kecil dan pada uji coba skala besar memperoleh skor 96% yang dikategorikan sangat layak pada rentang persentase 81%-100%. Dari aspek kepraktisan dari nilai respon guru pada uji coba skala kecil memperoleh skor 96% dan pada suji coba skala besar memperoleh skor sebesar 98% dengan kategori sangat menarik dengan persentase 81%-100%. Dari aspek kepraktisan dari nilai respon siswa pada uji coba skala kecil memperoleh skor 93% dan pada uji coba skala besar memperoleh skor sebesar 85% dengan kategori sangat menarik dengan persentase 81%-100%.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Majalah IPA, Sumber Pembelajaran, R&D Sugiyono

This study aims to produce learning resources in the form of IPA Magazine material of the solar system that quality is viewed from the aspect of feasibility, and the aspects of practicality. This research is a research and development (Research and Development). The development procedure uses the Sugiyono development model (2015), which through stages (potential and problems, literature and data collection, product design, design validation, design revision, product creation, limited testing, product revision 1, large group trial and revision product 2). The product assessment is assessed by 3 experts, ie material experts, media experts, linguists and teachers and student practitioners. The subjects of this study are the students of grade VI SDN 031 Tarakan with the number of students as many as 24 people. Quality criteria of good learning resources meet two aspects, as follows: aspects of feasibility and practicality aspects. The criterion of quality of learning magazine of solar system material is seen from eligibility aspect to get 92% score on small scale test and on large scale test get 96% score which is categorized as very feasible in 81% -100% percentage range. From the practical aspect of the teacher's response value on small-scale trials obtained a score of 96% and on large trial try to score 98% with very attractive category with the percentage of 81% 100%. From the practical aspect of the students' response score on small-scale trials, they scored 93% and in large scale trials obtained a score of 85% with very attractive category with 81% -100% percentage. Keywords: Research and Development, IPA Magazine, Learning Resources, R & D Sugiyono

Detail Informasi