
Students’ Speaking Problem In Learning English At The Eighth Grade Students Of SMPN 9 Tarakan
Pengarang : Yeremia Ronald Pratama S - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan masalah kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas delapan SMPN 9 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Dalam penelitian ini, peneliti memilih seluruh kelas VIII sebagai sampel yang terdiri dari 285 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan angket sebagai instrumen penelitian. Peneliti menggunakan tiga fase utama dalam menganalisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Dari analisis data, peneliti menemukan masalah siswa dan penyebab permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas VIII SMPN 9 Tarakan, yaitu masalah keterampilan berbicara bahasa Inggris yang dihadapi siswa dalam aspek linguistik adalah kurangnya kosakata (61%), tata bahasa yang buruk (69%) dan pengucapan yang buruk (64%). Karena masalah tersebut, siswa enggan untuk berbicara bahasa Inggris di kelas. Selanjutnya dari aspek nonlinguistik, permasalahan yang dihadapi siswa adalah takut membuat kesalahan (65%), kurang percaya diri (67%) dan takut akan evaluasi dari guru dan teman (63%). Berdasarkan beberapa masalah di atas, peneliti menyimpulkan bahwa, penyebab terbesar siswa sulit berbicara dalam bahasa Inggris adalah takut dan kurang percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris di kelas.
Kata kunci: Siswa, masalah, berbicara
In this study, the researcher investigated the problem of students' speaking skill in learning English at the eighth grade students of SMPN 9 Tarakan. This research used mixed methods. In this study, the researcher chose the entire class of eight grade as a sample consisting of 285 students. In collecting data, researcher used observation, interview and questionnaires as research instruments. Researcher used three main phases in analyzing research data, namely data reduction, data presentation, and verification of conclusion drawing. From the data analysis, the researcher found student problems and the causes of speaking problems in learning English for class VIII SMPN 9 Tarakan, namely the problem of English speaking skills faced by students in the linguistic aspect was lack of vocabulary (61%), poor grammar (69%) and poor pronunciation (64%). Because of these problems, students are reluctant to speak English in class. Furthermore, from the non-linguistic aspect, the problems faced by students were fear of making mistakes (65%), lack of confidence (67%) and fear of evaluation from teachers and friends (63%). Based on some of the problems above, the researcher concludes that the biggest cause of students having difficulty speaking in English is fear and lack of confidence to speak English in class. Key words: Students, Problems, Speaking