
The Implementation Of Google Form As An Evaluation Tool By English Language Teachers At SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Fitrah Ulfa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan infromasi mengenai kelebihan dan kekurangan Google Form sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP N 5 Tarakan. Google Form sendiri merupakan bagian dari fitur Google yang dapat mengumpulkan informasi dari berbagai respon terhadap berbagai kebutuhan seperti kuesioner dan media tugas. Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, observasi dan wawancara serta dianalisis secara kualitatif melalui sistem pengkodean dan dideskripsikan secara naratif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa yang diwakili berdasarkan nilai tertinggi dalam mata pelajaran bahasa Inggris dari setiap kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan sisi positif dan negatif penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi oleh guru Bahasa inggris dan siswa mulai pembelajaran dari tahap perencanaan, persiapan dan kesiapan sarana dan prasarana, sampai dengan tahap implementasi, penggunaan Google Form dalam evaluasi pembelajaran memiliki dampak dan manfaat dalam aspek efektivitas dan efisiensi. Bagi guru sangat terbantu dengan adanya Google Form baik dari segi biaya, waktu, maupun tenaga. Bagi siswa sendiri terbantu dalam penyelesaian tugas secara praktis dengan hasil yang lebih memuaskan.
Kata Kunci: Alat evaluasi, Google form, Mata pelajaran bahasa inggris
This study attempted to outline the benefits and drawbacks of using Google Form as an assessment tool for English classes at SMP N 5 Tarakan. The Google Form itself is a component of a Google features that may gather data from different responses to different purposes, like surveys and task media. This study examined how Google Form could be used as an evaluation, which should make teaching and learning more convenient. The descriptive qualitative method was employed in this investigation. Study of documentation, observation, and interviews were all used in collecting of data, which was then qualitatively assessed using a coding system and narratively recounted. The subjects of this study were English teachers and students who were represented based on the highest scores in English subjects from each class. The results of this study indicated there were both advantages and disadvantages to using Google Form as a tool for learning evaluation by English teachers and student from the planning, preparation, and readiness stages of facilities and infrastructure to the implementation stage, using Google Form had an impact and benefits in terms of effectiveness and efficiency. The Google Form substantially benefited teachers in terms of money, time, and effort. It aided students in completing practical assignments more succesfully and with greater statisfaction. Keywords: Evaluation tool, Google form, English subject