Kecemasan Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran Matematika Di SDN 026 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kecemasan Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran Matematika Di SDN 026 Tarakan

Kecemasan Siswa Kelas VI Dalam Pembelajaran Matematika Di SDN 026 Tarakan

Pengarang : Dwi Anggi Rabiul Awalia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kecemasan matematika atau Math Anxiety bisa terlihat pada siswa kelas VI di SDN 026 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan siswa kelas VI dalam pembelajaran matematika di SDN 026 Tarakan, dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 026 Tarakan. Sampel penelitian ini sebanyak 46 siswa yang diambil menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran angket kecemasan matematika, dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarakan analisis data, Hasil dari penelitian ini ialah siswa yang berada pada kategori kecemasan rendah tidak ditemukan dengan jumlah 0 siswa dan persentase (0%), untuk siswa dengan kecemasan sedang sebanyak (93.5%) berjumlah 43 siswa, serta untuk siswa dengan kecemasan tinggi sebanyak (6.5%) berjumlah 3 siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kecemasan siswa kelas VI dalam pembelajaran matematika di SDN 026 Tarakan di dominasi pada kategori sedang.

Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Pembelajaran Matematika

mathematics anxiety or math anxiety can be seen in the sixth grade students at SDN 026 Tarakan. This study aimed to describe the anxiety of sixth grade students in learning mathematics at SDN 026 Tarakan by using a descriptive quantitative research. The population of this study was sixth grade student at sdn 026 tarakan. The sampel of this study was 46 students who werw taken using the saturated sampling technique. The data collection technique in this study was conducted through the dissemination of mathematical anxiety questionnaires and interviews which were then analyzed using descriptive statistics. Based on data analysis, the results of this study showed that students who were in the low anxiety category were not found with a total of 0 students and a percentage (0%), for students with moderate anxiety as many as (93,5%) totaling of 43 students, and for students with high anxiety as many as (6.5%) totaling of 3 students. Therefore, it can be concluded that the anxiety of sixth grade students in mathematics learning at SDN 026 Tarakan was dominated by the moderate category. Keywords: Mathematics Anxiety, Mathematics Learning

Detail Informasi