
Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Imran - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : efektivitas pembelajaran daring menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Apakah pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan google classroom dalam pembelajaran Matematika di kelas VIII terbukti efektif? 2) Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring menggunakan google classroom pada pembelajaran google classroom dalam pembelajaran Matematika di kelas VIII? 3) Hal apa saja yang perlu diperbaiki agar pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan google classroom berjalan dengan lebih baik? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru Matematika Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam google classroom dalam pembelajaran Matematika di kelas VIII kurang efektif. 2) Kelebihan pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A adalah tetap bisa dilaksanakan walaupun dalam kondisi pandemi. 3) Kurang efektifnya Pembelajaran daring menggunakan google classroom dalam pembelajaran Matematika kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan menjadi tantangan untuk guru dalam hal peningkatan kreativitas. Di era digital seperti ini guru dituntut untuk lebih kreatif, terlebih dalam menggunakan media, metode, atau strategi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru dapat membuat media pembelajaran yang memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dan juga mengimbangi interaksi dengan siswa menggunakan aplikasi tambahan seperti google meet ataupun zoom meeting.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Daring, Google Classroom
The objective of this research was to determine the effectiveness of online learning using google classroom in mathematics subjects of the eighth grade students of SMP Negeri 9 Tarakan. The questions that were intended to be answered through this research were: (1) Is the implementation of online learning using google classroom in mathematics learning in class VIII proven to be effective? (2) What are the advantages and disadvantages of online learning using google classroom in mathematics learning in class VIII? (3) What areas are needed to be improved in order for the implementation of online learning using google classroom to run better? This research employed a qualitative research method with interview and documentation data collection techniques. The subject of the research was a teacher of mathematics subject of the eighth grade at SMP Negeri 9 Tarakan. The data analysis technique was a qualitative descriptive data analysis using an interactive model of Milles and Michael Huberman which consisted of three concurrent activity paths, namely: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings showed that: (1) the implementation of online learning using google classroom in mathematics learning in class VIII was less effective, (2) the advantage of online learning in mathematics learning in class VIII was that it could still be carried out even though in pandemic condition, and (3) the ineffectiveness of online learning using google classroom in mathematics learning in class VIII was a challenge for the teacher in terms of increasing creativity. In this digital era, teacher is required to be more creative, especially in using media, methods, or learning strategies. In the implementation of online learning, a teacher can create learning media that make students easier to understand the material being presented by variating interactions using additional applications such as google meet or zoom cloud meetings. Keywords: Effectiveness of Online Learning, Google Classroom