Pengaruh Kecemasan Matematika Berdasarkan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs DDI Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecemasan Matematika Berdasarkan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs DDI Tarakan

Pengaruh Kecemasan Matematika Berdasarkan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs DDI Tarakan

Pengarang : Eni Novianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan kelas IX MTs DDI TARAKAN. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi di kelas IX MTs DDI Tarakan yang berjumlah 58 siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner Kecemasan Matematika dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki kelas IX MTs DDI Tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 102,395 – 0,817 X, dan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan kelas IX MTs DDI Tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 113,075 – 1,026 X.. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kecemasan matematika memberikan kontribusi sebesar 52,7% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas IX MTs DDI Tarakan.

Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Gender, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

This study aimed to determine the influence of mathematics anxiety on the mathematical problem-solving ability of male students. This research was conducted in the even semester of the academic calender 2021/2022. The type of research used was quantitative research with a survey. The sample in this study was the entire population in class IX MTs DDI Tarakan, consisting of 58 students. The data collection technique in this study was a Mathematics Anxiety questionnaire and a mathematical problem-solving ability test. The data obtained were processed by the statictical data processing program (SPSS) 26.0. The results of this study indicated that there was a negative and significant effect of male student of class ability IX MTs DDI Tarakan, with the regression equation Ŷ = 102,395 – 0,817 X, and there was a negative and significant effect berween mathematics anciety on problem-solving abilities. Meanwhile, the Mathematics problem fo female students of class IX MTs DDI Tarakan, with a regression competition Ŷ = 113,075 – 1,026 X. based on the computation results of the coefficient of determination, it showed that the variable of mathematics anxiety contributed 52.7% to the mathematical problem-solving ability of Class IX students of MTs DDI Tarakan. Keywords: Mathematical Anxiety, Gender, Mathematical Problem-Solving Ability

Detail Informasi