Pengaruh Teknik Self-Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di MTsN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Self-Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di MTsN Tarakan

Pengaruh Teknik Self-Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di MTsN Tarakan

Pengarang : Andina Cantika Ansar Abdjan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Self-instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MTs Negeri Tarakan. Teknik Self-Instruction merupakan salah satu teknik yang terdapat di dalam pendekatan Cognitive Behavior Modification yang dikembangkan oleh Meinchenbaum. Perilaku maladaptif dipengaruhi oleh pikiran irasional yang menyebabkan verbalisasi diri yang tidak tepat. Inti dari teknik adalah membangun kembali sistem kognisi konseli, namun terpusat pada pola verbalisasi overt (disuarakan secara lantang/ keras) dan covert (disuarakan dalam hati). Kepercayaan diri adalah salah satu aspek kepribadian yang penting pada seseorang. Tanpa adanya kepercayaan diri akan banyak menimbulkan masalah pada diri seseorang. Kepercayaan diri merupakan atribut yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupanan bermasyarakat. Dikarenakan dengan kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi dirinya. Terdapat 3 indikator dari kepercayaan diri, yaitu: Keyakinan Kemampuan Diri, Optimis, dan Bertanggung Jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif dengan pendekatan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kepercayaan diri kepada 10 siswa kelas VIII menggunakan metode purposive sampling. Hasil uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh Z hitung -2.809, kemudian nilai Asympotic Sig (2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 0.005 < 0.05. Maka dari itu hipotesis diajukan Hα dapat diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-instruction terhadap kepercayaan diri siswa. Berdasarkan keputusan uji statistik Wilcoxon dan hasil analisis pretes dan posttest dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Teknik Self-Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MTs Negeri Tarakan.

Kata Kunci: Self Instruction, Kepercayaan Diri

This study aimed to determine the effect of the self-instruction techniques on the students’ self-confidence at MTs Nrgeri Tarakan. The Self-Instruction techniques is one of the techniques in the Cognitive Behavior Modificion approach developed by Meinchenbaum. Maladaptive behavior influenced by irrational thoughts that lead to inappropriate self-verbalization. The essence of the technique is to rebuild the counselee’s cognitive system, but focuses on overt (voiced loudly) and coverd (spoken inwardly) verbalization patterns. Self-confidence is one of the most important aspects of a person personality. Without self-confidence, it will couse many problems in a person. Self-confidence is the most valuable attribute in a person social life. Due to self-confidence, a person can actualize all his potential. There are three (3) indicators of self-confidence : Self-Ability Confidence, Optimistic, and Responsible. This study used a quantitative research methot with an experimental approach. The data was collected using a self-confidence scale for ten (10) students in class VIII that used the purposive sampling methot. The results of the Wilcoxon test showed that the value of the Wilcoxon Signed Ranks Test in Z count -2,809, then the Asymptotic Sig (2-tailed) value for the two-wey test was 0.005 < 0.05. From the result, it concluded that the hypothesis proposed Hα is accepted an Ho rejected, which means that, there was an effect of group counseling with self-instruction techniques on students’ self-confidence. Based on the design of the Wilcoxon statistical test and the results of the pretest and posttest analysis, it can be concluded that there was an effect of the self-instruction technique on the self-confidence of the students of MTs Negeri Tarakan. Keyword: Self-Instruction, Self-Confidence

Detail Informasi