Deskripsi Miskonsepsi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Miskonsepsi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 031 Tarakan

Deskripsi Miskonsepsi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 031 Tarakan

Pengarang : Vani Anggraini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 031 Tarakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini difokuskan pada miskonsepsi siswa dalam pemecahan masalah pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 031 Tarakan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu bersumber pada siswa kelas V di SD Negeri 031 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes miskonsepsi pada masalah pecahan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, peneliti mengelompokkan ke dalam 3 kelompok tipe jawaban yang serupa. Dalam penelitian ini, peneliti membahas 3 subjek yang mewakili setiap kelompok dengan miskonsepsi yang unik dan berbeda-beda. Miskonsepsi dialami oleh siswa A, siswa B, dan Siswa C di mana mereka mengalami miskonsepsi pengertian yang tidak akurat tentang suatu konsep, pemakaian konsep yang kurang tepat atau salah, dan siswa mengalami kebingungan karena tidak menguasai konsep pendukung.

Kata Kunci: Miskonsepsi pecahan, Matematika, siswa

This research used qualitative research conduced at SD Negeri 031 Tarakan in the Even Semester of the 2020/2021 Academic Year. This study focused on students’s misconceptions in solving fractions problems in fifth-grade students of SD Negeri 031 Tarakan. The source of data in this study was fifth-grade students at SD Negeri 031 Tarakan. The data collection technique used was a misconceptions test on fractional problems, interviews, and documentation. From the results of this study, the researchers grouped into 3 group of similar types of answer. In this study, researchers discussed 3 subjects representing each group with unique and different misconceptions. Misconceptions were faced by students A, Student B, and Student C where they experienced inaccurate understanding misconceptions about a concept, the use of in-accurate or incorrect concepts, and student’s confusion because they did not master the support concepts. Keywords: Fraction Misconception, Math, Student

Detail Informasi