
Analisis Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Dan Konseling Di MAN Tarakan
Pengarang : Fadhilah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti layanan Bimbingan dan Konseling serta faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan Bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa yang didasari oleh faktor kebutuhan terhadap layanan Bimbingan dan Konseling, faktor harapan terhadap layanan Bimbingan dan Konseling dan motivasi siswa yang didasari oleh minat terhadap layanan Bimbingan dan Konseling yang di sediakan oleh Sekolah. Subjek dalam penelitian ialah 2 orang siswa kelas XII dan 1 guru Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa yang didasari oleh faktor internal yaitu kebutuhan, harapan, dan minat dalam mengikuti layanan Bimbingan dan Konseling tergolong rendah dikarenakan kurangnya informasi dan minimnya pelaksanaan layanan yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Motivasi
The study aimed to determine students motivation to participate in Guidance and Counseling services and the factors influencing student motivation utilizing Guidance and Counseling services. This type of research is descriptive qualitative. The focus of this research is to determine student motivation based on the need for Guidance and Counseling services, and student motivation based on interest in Guidance and Counseling services provided by the school. The subjects in the study were two students from class XII and one Guidance and Counseling teacher. The data collection techniques are through interviews and documentation. The data analysis of technique used is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The analysis of this study indicates, that student motivation based on internal factors, namely needs, expectations, and interest participating in Guidance and Counseling service, is low due to lack of information and lack of service implementation by Guidance and Counseling teachers in school. Keywords: Guidance and Counseling, Motivation