
Identifikasi Permasalahan Yang Dihadapi Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan
Pengarang : Meta Budi Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 di SMP Nasional Plus Indo Tiong Hoa Tarakan. Jenis penelitian ini adalah. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan objek penelitian ataupun hasil penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Biologi dan siswa kelas VII di SMP Nasional Plus Indo TiongHoa Tarakan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah deskriptif kuantitatif yaitu menghitung skor yang diperoleh kedalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berada pada kategori “Menghambat” yaitu dengan persentase 56,2%. Penggunaan metode pembelajaran berada pada kategori “Cukup Menghambat” yaitu dengan persentase 34,4%. Penggunaan media pembelajaran berada pada kategori “Cukup Menghambat” dengan persentase 31,25% dan pada penggunaan laboratorium di kategorikan “Sangat Menghambat” dengan persentase 84,37%. Sehingga dalam pembelajaran Biologi, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi guru Biologi di SMP Nasional Indo TiongHoa Tarakan.
The research was carried out in Augst 2018 in SMP Nasional Indo TiongHoa Tarakan. This type of research is descriptive with a quantitative approach. Descriptive research objectives to describe the object of research or research result. The subject in this study were biology teachers and VII students in SMP Nasional Indo TiongHoa Tarakan. Data collection techniques in this study use questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis techniques that are used to analyze the result of research data are quantitative descriptive, which is calculating the score obtained into percentage form. The result showed the learning motivatin wa in the “inhibiting” category with a percentage of 56,2%. The use of learning menthods is in the category of “moderately inhibiting” with a percentage of 34,3%. The use of learning media is in the category of “moderately inhibiting” with a percentage of 31,25%. And in laboratory use it is category as:very inhibiting” with a percentage of 84,37%. So that in biology learning there are several problems faced by biology teachers.