
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen JNE Kota Tarakan)
Pengarang : Marni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan ketepatan waktu terhadap kepuasan konsumen (studi kasus pada konsumen JNE kota Tarakan). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Tarakan yang pernah menggunakan jasa pengiriman PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dengan jumlah sampel sebanyak 190 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan progam SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan variabel kualitas pelayanan, harga dan ketepatan waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen JNE kota Tarakan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Ketepatan Waktu, Kepuasan Konsumen
This study aimed to determine effect of service quality, price and timeliness on customer satisfaction. It was a case study on consumers of JNE in the city of Tarakan. This study used a quantitative approach with a survey method. Non-probability sampling was the chosen sampling strategy, and purposive sampling was utilized to select the sample. A total of 190 Tarakan City residents who had used PT. Tiki Lintas Nugraha Ekakurir's (JNE) delivery service made up the study's sample. The analytical method used was multiple regression analysis, which was carried out using the SPSS version 16 application. The study's findings demonstrated that the factors of service quality, cost, and timeliness had a favorable and significant impact on JNE Tarakan city's consumer satisfaction. Keywords: Service Quality, Price, Timeliness, Customer Satisfaction