
Identifikasi Plant Blindness Pada Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Biologi
Pengarang : Clara Sintia Devi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Plant Blindness pada Mahasiswa semester awal Pendidikan Biologi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah Mahasiswa semester awal pendidikan biologi. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasites dan hasil respon mahasiswa pada lembar kuesioner tentang gambaran Plant Blindness pada Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan 18 jenis tumbuhan dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata – rata responden 20,57 hasil tersebut masih dibawah ≤ 25% sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat Plant Blindness pada Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan tergolong pada kategori “Sangat Tinggi”. Berdasarkan hasil kuesioner terdapat beberapa faktor pemicu adanya Plant Blindness pada mahasiswa yaitu: 1) mahasiswa kurang mengerti cara merawat tumbuhan, 2) Mahasiswa masih kurang mengetahui manfaat dari tumbuhan, 3) kurangnya kontak pribadi secara langsung dengan tumbuhan, 4). Tumbuhan tidak dapat diajak berinteraksi seperti hewan, 5) Beberapa tumbuhan memiliki jenis yang hampir serupa sehingga sulit untuk dikenali 6) Mahasiswa lebih tertarik pada pembelajaran dengan berinteraksi atau kontak secara langsung dengan objek yang dipelajari. Hasil analisis akan dijadikan bahan evaluasi sebagai acuan bagi pendidik dalam membuat arah pembelajaran biologi kedepannya khususnya pembelajaran tentang tumbuhan.
Kata Kunci: Plant Blindness, Mahasiswa Pendidikan Biologi
This study aims to describe first-semester students plant blindness ini Biology Education. Descriptive and quantitative was used as the research method. The research sebject were observation, test, and a plant blindness questionnaire. The observation result found 18 plant species; Bryophyta, Pterydopytha, Gymnospermae, and Angiospermae. Test result showed that the first-year biology student of Borneo University was in a very hight category where the test mean score was below ≤ 25% by only 20.57. The questionnaire result identified several trigger factor of plant blindness in studens, namely 1) students do not understand how to crop husbandry; 2) Students still do not know the plant’ benefit; 3)Students lack direct personal contact with plants; 4)Plants cannot interact as animals do; 5) Some plants species are almost identical, so it is challenging to recognize; 6) Students tend to prefer learning by interacting with the object being studied.This research result will be used as an evaluation aspect as a reference for educators designing the learning activities for biology class, especially plant material. Keywords: Plant Blindness, Biology Education Students