Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMP Negeri 8 Tarakan

Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Irmah Rusjal - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 di SMP Negeri 8 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantiitatif yang bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terdapat di kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan pada materi Sistem Pencernaan, Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan penentuan jumlah sampel sekitar 20% dari total populasi dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif yang disertai dengan kriteria Certainty of Response Index (CRI). Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan Teknik menilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada subkonsep zat makanan sebesar 26% dengan kriteria rendah, subkonsep uji bahan makanan sebesar 25% dengan kriteria rendah, subkonsep organ pencernaan sebesar 16% dengan kriteria rendah, enzim pencernaan 14% dengan kriteria rendah, penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan sebesar 13,6% dengan kriteria rendah dan upaya menjaga sistem pencernaan sebesar 8,5% dengan kriteria rendah. Dari 6 subkonsep siswa banyak mengalami miskonsepsi pada subkonsep zat makanan.

This research was conducted in august 2018 at SMP Negeri 8 Tarakan. This type of research is quantitative descriptive which aims to find out the misconceptions found in class VIII of SMP Negeri 8 Tarakan in the digestive system material. This research sample was taken using a determination of the sample size of about 20% of the total population using the Simple Random Sampling technique. Data collection techniques in this study use objective tests accompanied by the Certainty of Response Index (CRI) criteria. The data analysis technique used to analyze the results of research data is the technique of assessing. The results showed that misconceptions that occur in the sub-concept of food substances by 26% with low criteria, sub-concept of food testing by 25% with low criteria, sub-concept of digestive organs by 16% with low criteria, digestive enzymes 14% with low criteria, related diseases with a digestive system of 13.6% with low criteria and efforts to maintain the digestive system by 8.5% with low criteria. Of the 6 subconcepts students experience a lot of misconceptions in the food substance subconcept.

Detail Informasi