
Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Malinau
Pengarang : Lenna Oktaviani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Malinau. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malinau. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Malinau, dengan jumlah sampel 45 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling, yaitu teknik pengambilan informasi dengan pertimbangan tertentu. Instrument penelitian ini yaitu soal tes hasil belajar sistem reproduksi pada manusia.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferansial parametris menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan 0.001 < 0.05 yang H1 diterima, yakni penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa biologi di SMA Negeri 8 Malinau.
Kata Kunci : Hasil Belajar, dan Flipped Classroom
This research is a Quasi-Experimental design that aims to determine the effect of the Flipped Classroom on the biology learning outcomes of class XI students of SMA Negeri 8 Malinau. The research design used was the Pretest-Posttest Control Groub Design. This researcch was conducted at SMA Negeri 8 Malinau. The population in this study were students who were studens of class XI SMA Negeri 8 Malinau, with a sample of 45 students who were selected using the purposive sampling technique, which is a technique of taking information with certain considerations. The instrument of this research is the test of learning outcomes of the human reproductive system. The data analysis technique used is a parametric inferential statistical analysis using an independent sample t-test. Based on inferential statistical analysis using SPSS, it was obtained a significant value of 0.001 < 0.05 which H1 was accepted, the use of the Flipped Classroom effect on the learning outcomes of biology students at SMA Negeri 8 Malinau. Keyword : Learning Outcomes, and Flipped Classroom