
Deskripsi Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II-A SDN 032 Tarakan
Pengarang : Rizqa Murhani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Keterampilan menulis permulaan adalah suatu tahap dasar dalam menulis untuk menyampaikan pola bahasa dalam bentuk tulisan. Melalui tulisan tersebut diharapkan siswa dapatt memahami dan menyuarakan lambang bunyi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis permulaan siswa kelas II-A SDN 032 Tarakan yang ditinjau dari tiga aspek kriteria keterampilan menulis permulaan yaitu: aspek penulisan huruf, aspek penulisan kata, dan aspek penulisan kalimat sederhana. Pendekatan yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data dilakukan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa keterampilan menulis permulaan siswa kelas II-A SDN 032 Tarakan pada aspek penulisan huruf siswa sudah dapat mengenali huruf dan mampu menulis bentuk huruf, pada aspek penulisan kata siswa sudah dapat menuliskan kata berdasarkan ide gambar dan menggunakan huruf kapital diawal kata, pada aspek penulisan kalimat sederhana siswa menuliskan kalimat tidak memperhatikan kesesuaian ukuran bentuk huruf dan jarak antar huruf tidak konsisten.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Permulaan, Penulisan Huruf, Penulisan kata, Penulisan Kalimat Sederhana
Begining writing skill is and essential stage in writing to convey language patterns In written from. Trough writing, students are expected to understand the symbols of language patterns. This research aims to Describe the Initial writing skills of second-grade students of elementary school 032 Tarakan in terms of three aspects: aspects of writing letters, aspects of writing words, and aspects of writing simple sentences. This research used qualitative research with a descriptive approach. The research Instruments were tests, observations, and documentation. The stages of data analysis carried out were data reduction, data presentation, congratulation. The research result showed that in the aspect of letter writing, students could recognize letters and write letters shapes. In word writing, students could write words based on a picture ideas and use capital letters at the beginning of words. In the aspects of writing simple sentences, students could write sentences without paying attention off the suitability of the size of the letters, and the spacing between letters was inconsistent. Keywords: Beginning Writing Skills, Letter Writing, Word Writing, Simple Sentence Writing