Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Scrapturbook Tema 7 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Scrapturbook Tema 7 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Scrapturbook Tema 7 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Tarakan

Pengarang : Nur Fajrina Febbryani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Scrapturbook untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 2 Indahnya Keberagaman diNegeriku pada siswa kelas IV SDN 004 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan (R&D) yang bertujuan mengahasilkan produk dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Menurut Sugiyono (2014: 407) ADDIE metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan keefektifan produk tersebut yang mana semua tahapan dalam mendesain pembelajarannya terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, lembar validasi, lembar angket respon siswa. Produk media scrapturbook yang dihasilkan berukuran kertas dengan A4 (21,0 x 29,7 cm), yang terbuat dari kertas art paper, kertas cover warna-warni, dan terdiri dari 21 halaman. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 88,63, ahli materi 90%, dan ahli praktisi sebesar 95%. Hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi menunjukkan bahwa media scrapturbook dikatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon siswa mengenai media pembelajaran pada uji coba produk awal dan uji coba pemakaian menunjukkan bahwa respon siswa mengenai media pembelajaran scrapturbook sangat layak.

Kata Kunci: R&D, Media Pembelajaran, Scrapturbook, ADDIE

This study aims to develop a Scrapbook to determine the feasibility and response of students to learning media developed in thematic learning on theme 7 sub-theme 2 the beauty of diversity in my country in grade IV SDN 004 Tarakan This type of research uses (R&D) which aims to produce products with the research and development model used in this study is the ADDIE development model. According to Sugiyono (2014: 407) ADDlE research methods are used to produce certain products and the effectiveness of these products where all the stages in designing learning consist of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instruments used were observation, interviews, validation sheets, and student response questionnaires. The resulting scrapbook media product is paper sized with A4 (21.0 x 29.7 cm), which is made of art paper, colorful cover paper, and consists of 21 pages. The validation results obtained from media experts were 88.63, material experts 90%, and practitioner experts were 95%. The validation results from media experts, material experts, and practitioner experts show that scrapbook media is said to be very suitable for use in the learning process. The results of student response questionnaires regarding learning media in initial product trials and usage trials showed that student responses to scrapbook learning media were very feasible. Keywords. R&D, Learning Media, Scrapbook, ADDIE

Detail Informasi