
Analisis Pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN 005 Tarakan
Pengarang : Nindi Ariyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiasaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif desktiptif yang dilaksanakan di SDN 005 Tarakan. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru kelas, komite sekolah, pengawas sekolah dan tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan pembiasaan gerakan literasi sekolah di SDN 005 Tarakan telah diterapkan dengan baik oleh sekolah. Penerapan kegiatan pembiasaan gerakan literasi terlihat dari kegiatan lima belas menit membaca yang telah dilaksanakan. Kegiatan lima belas menit membaca dilakukan dengan cara membaca dalam hati dan membaca nyaring yang dilakukan setiap hari selama lima belas menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan minat baca siswa serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi bacaan yang di berikan juga meiliki nilai-nilai pembelajaran yang dapat di ambil oleh siswa melalui bacaan non pembelajaran. Kegiatan gerakan literasi sekolah juga mengikut sertakan guru secara langsung dalam kegiatan lima belas menit membaca sebagai contoh untuk siswa agar lebih termotivasi dalam melakukan kegiatan literasi. Peran warga sekolah juga diperlukan dalam menciptakan lingkungan fisik sekolah yang kaya literasi. Dalam menciptakan lingkungan fisik yang kaya literasi dilakukan dengan cara memajang karya-karya siswa di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Literasi Sekolah, Pembiasaan, Minat Baca
This study aimed to analyze the habituation of the school literacy movement in increasing students’ reading interest. This descriptive qualitative research was conducted at the SDN 005 Tarakan. The data were collected from primary and secondary sources with informants consisting of school principals, class teachers, school committees, school supervisors and school administrators. Than data collection techniques included interviews, observation and documentation. Qualitative data analysis was done through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the stages of the school literacy movement habituation at the SDN 005 Tarakan was implemented well by the school. It can be seen from the fifteen minutes reading activity that was carried out every day before the first lesson began through reading silently and reading aloud. This activity was carried out to foster students’ interest in reading and improve reading skills so that knowledge could be better mastered. The reading material provided also had learning values that could be taken by students through non-learning reading. The school literacy movement activities also involved the techer directly in the fifteen minute reading activity as an example for students to be more motivated in carrying out literacy activities. The role of school residents was also needed in creating a literacy-rich physical school environment. Creating a lieracy-rich physical environment was done by displaying the works of students in the school environment. Keywords: School Literacy, Habit, Reading Interest