Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Pada Pembelajaran Berbasis Literasi Menulis Siswa Kelas III-B SDN 015 Tarakan Tahun Ajaran 2018-2019 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Pada Pembelajaran Berbasis Literasi Menulis Siswa Kelas III-B SDN 015 Tarakan Tahun Ajaran 2018-2019

Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Pada Pembelajaran Berbasis Literasi Menulis Siswa Kelas III-B SDN 015 Tarakan Tahun Ajaran 2018-2019

Pengarang : Iqbal Ramadhani Ferdian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 015 Tarakan. Penelitian ini berfokus pada media kartu bergambar dan keterampilan literasi menulis. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar, keterampilan literasi dan pemahaman siswa. Kartu bergambar sendiri merupakan media yang mudah untuk dibuat, tidak rumit dan mudah dimengerti siswa. kartu bergambar sendiri digunakan guru pada pembelajaran menulis kalimat sederhana, penggunaan media ini sangat efektif karena siswa lebih mudah memahaminya, dan hasil yang diperoleh pun lebih baik dari sebelum menggunakan media tersebut. Selanjutnya dengan penggunaan media yang produktif dan inovatif dalam mengembangkan literasi sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat siswa terhadap literasi, Serta dapat menjadikan SDN 015 salah satu sekolah berbasis litersi yang ada di kota Tarakan. Adapun dampak yang ditimbulkan yaitu dengan efektifnya penggunaan media kartu bergambar antusias siswa sangat tinggi dan minat siswa terhadap literasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dan peningkatan keterampilan menulis siswa SDN 015 Tarakan.

Kata Kunci: Efektivitas Media, Literasi Menulis, SDN 015 Tarakan

This qualitative research was conducted at the SDN 015 Tarakan. This research focused on picture card media and writing literacy skills. It used primary and secondary data with informants consisting of the principal and teachers. The data were collected through observation, interview and documentation. The qualitative data analysis was done through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the use of instructional media was very important to assist students in improving learning outcomes, literacy skills and student understanding. The picture card was a medium that was easy to make, uncomplicated and easy for students to understand. They were used by the teacher in learning to write simple sentences. The use of this media was very effective because students understand it easier, and the results obtained were better than before using the media. Furthermore, the use of productive and innovative media could increase students' interest in literacy, and could make the school as one of the literacy-based schools in the city of Tarakan. The effectiveness of picture card media was very high. Student enthusiasm and interest in literacy increased. This could be seen from the learning outcomes and the improvement in writing skills of the students. Keywords: Media Effectiveness, Writing Literacy, SDN 015 Tarakan

Detail Informasi