Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SDN 016 Tarakan

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SDN 016 Tarakan

Pengarang : Inna Putrisakinah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SDN 016 Tarakan dan mendeskripsikan kondisi kemandirian belajar siswa di SDN 016 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berfokus pada upaya guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SDN 016 Tarakan dan kondisi kemandirian belajar siswa di SDN 016 Tarakan. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 016 Tarakan telah melakukan upaya melalui peranannya sebagai seorang guru seperti guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator dan guru sebagai evaluator. Namun, upaya guru tersebut tidak sejalan dengan kondisi kemandirian belajar siswa seperti siswa belum memiliki kepercayaan diri, siswa belum memiliki kemampuan belajar sendiri, tetapi siswa memiliki sikap menghargai waktu.

Kata Kunci: Upaya Guru, Kemandirian Belajar, SDN 016 Tarakan

The purpose of this study was to describe teachers’ efforts in increasing the learning independence of students at SDN 016 Tarakan and to describe the conditions of student learning independence at SDN 016 Tarakan. This qualitative research was conducted at the SDN 016 Tarakan in the 2018/2019 academic year. It focused on the efforts of teachers to improve the learning independence of students at the SDN 016 Tarakan and the conditions of student learning independence. The data sources in this study were primary data and secondary data with informants, namely the principal, teachers and students. The data were collected using interviews, observation and documentation. It also used qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the teachers at the SDN 016 Tarakan made efforts through their roles as teachers such as teachers as demontrators, teachers as class managers, teachers as mediators and facilitators and teachers as evaluators. However, the teachers’ efforts were not in line with the conditions of student learning independence such as students did not have self-confidence, students did not have the ability to learn on their own, but students had an attitude of appreciating time. Keywords: Teacher Effort, Learning Independence, SDN 016 Tarakan

Detail Informasi