
Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I A SDN 006 Tarakan
Pengarang : Elmawanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap TA 2019/2020 dengan subjek penelitian yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I A di SDN 006 Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 61% siswa yang tuntas atau masuk dalam level pembaca berkembang dan pembaca mandiri dari jumlah keseluruhan siswa, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 68% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 50% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 79% siswa yang tuntas atau masuk dalam level pembaca mandiri, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 75% siswa yang tuntas dan pada aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 79% siswa yang tuntas. Hasil penilaian tes kemampuan membaca permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga peneliti menghentikan siklus dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Kemampuan Membaca Permulaan
This study aimed to improve preliminary reading ability by applying the synthetic analytical structural (SAS) method. This classroom action research was carried out in the even semester of the 2019/2020 academic year with the research subjects consisting of 28 students. This research was conducted in two cycles. The procedures for each cycle were planning, implementing, observing and reflecting. The results showed that the synthetic analytical structural (SAS) method could improve the preliminary reading ability of class I A students at SDN 006 Tarakan. In cycle I, the results of the preliminary reading ability test indicated that 61% of students completed or entered the level of developing readers and independent readers, 68% of students completed the affective aspect, and 50% of the students completed the psychomotor aspect. Then in cycle II there was an increase, 79% of students completed or entered the independent reader level, 75% of students completed the affective aspect, 79% of students completed the psychomotor aspect. The results of the assessment of the students preliminary reading ability test had reached the indicators of success so that the researcher stopped the cycle in this study. Keyword: Synthetic Analytical Structural Method (SAS), Preliminary Reading Ability