
Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 006 Tarakan
Pengarang : Diana Perminas - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengadakan variasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 006 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh keterampilan mengadakan variasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 006 Tarakan. Penelitian dilaksanakan secara daring dengan membagikan angket melalui google form kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember hingga bulan Desember 2020. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independent) keterampilan mengadakan variasi dan variabel terikat (dependent) motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan mengadakan variasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 006 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana melalui uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 4,994 dan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05/2= 0,025 dan dk= n-2= 48 sebesar 2,010. Karena nilai thitung 4,994 > ttabel 2,010 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Keterampilan mengadakan variasi berpengaruh sebesar 34,2% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Keterampilan Mengadakan Variasi, Motivasi Belajar Siswa
This study aimed to determine the effect of making variation on learning motivation of fourth grade students of SDN 006 Tarakan. This quantitative research was to test the hypothesis about the effect of making variation on the learning motivation of the fourth grade students of SDN 006 Tarakan. The research was carried out online by distributing questionnaires via google form to the students. This research was conducted from November to December 2020. The independent variable was the skills to make variations and the dependent variable was student learning motivation. The results of this study indicated that there was an effect of making variation on the learning motivation of the fourth grade students of SDN 006 Tarakan. This could be seen from the analysis results that the t-count was 4.994 and t-table, at the level of significance a= 0.05 /2was 0.025, and the df = n-2 = 48 was 2.010. Because the value oft-count 4.994 > t-table 2.010 and a significance of 0.000 < 0.05, the Ho was rejected and the Ha was accepted. The skill to make variations had an effect on 34.2%of students' learning motivation, while the remaining 65.8% was influenced by other variables. Keywords: Skills To Make Variation, Student Motivation