
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Tema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 011 Tarakan
Pengarang : Winda Ika Fitriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada tema 3 di SDN 011 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan desain atau tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Hasil Belajar (THB), lembar penilaian afektif dan psikomotorik, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa kelas III di SDN 011 Tarakan dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Pada siklus I diperoleh hasil belajar kognitif sebesar 64%, pada aspek afektif sebesar 60%, dan pada aspek psikomotorik sebesar 76%. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan hasil belajar aspek kognitif sebesar 92%, pada aspek afektif sebesar 80% dan pada aspek psikomotorik sebesar 88%. Meningkatnya hasil belajar siswa karena siswa mampu memahami materi pada tema 3, adanya perubahan sikap dalam bekerja sama pada diskusi kelompok, percaya diri dalam menyampaikan presentasi, dan lebih meningkatkan keterampilan siswa dalam menuliskan hasil diskusi sesuai dengan kesesuaian isi (Jawaban) serta pada saat presentasi disampaikan dengan volume suara yang tepat. Secara keseluruhan semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Tema 3
This study aimed to determine how the application of the cooperative learning model for type of Student Teams Achievement Division (STAD) on theme 3 to improve learning outcomes of third grade students of SDN 01I Tarakan. This Classroom Action Research (PTK) was carried out in 2 cycles with designs or stages consisted of planning, implementation, observation and reflection. The research subjects consisted of 25 students. Collecting data in this study were performed using the Learning Outcomes Test (THB), affective and psychomotor assessment sheets, and teacher and student activity observation sheets. The results of this study showed that there was an increase in the learning outcomes of the students with the application of the STAD learning model In the first cycle, the cognitive learning outcomes were 64%, the affective aspect was 60% and the psychomotor aspect was 76% While the second cycle experienced an increase with the acquisition of learning outcomes in the cognitive aspect by 92%, the affective aspect by 80%, and the psychomotor aspect by 88%. The increase of the student learning outcomes was due to students' ability to understand the material on theme 3, a change in attitude in working together in group discussions, being confident in delivering presentations, and further improved skills in writing discussion results according to the suitability of the content (answers) and when the presentation was delivered at the night volume. Overall, all aspects reached the indicators of success, so this research was said to be successful. Keywords: Learning Model Student Teams Achievement Division, Learning Outcomes Theme 3