Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Lulusan Di SDN Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Lulusan Di SDN Utama 1 Tarakan

Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Lulusan Di SDN Utama 1 Tarakan

Pengarang : Veby Donari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksankan di SDN UTAMA 1 Tarakan. Peneliitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan Perencanaan, Pelaksanaan dan Dampak dari implementasi nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah dalam rangka meningkatkan mutu lulusan di SDN UTAMA 1 Tarakan. Data diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SDN UTAMA 1 Tarakan telah merencanakan implementasi nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan baik dengan melakukan perencanaan sesuai dengan panduan penilaian tentang perencanaan penguatan pendidikan karakter, (2) SDN UTAMA 1 Tarakan telah melaksanakan implementasi nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai dengan panduan praktis implementasi nilai-nilai penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dan (3) Implementasi nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter juga sangat berpengaruh dalam perolehan prestasi akademik maupun prestasi non akademik.

Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter, PPK, Budaya Sekolah, Perencanaan, Pelaksanaan, Dampak

This type of research is descriptive qualitative which was carried out at SDN UTAMA 1 Tarakan. This research aims to describe the Planning, Implementation and Impact of the implementation of the values ??of Strengthening Character Education (PPK) based on school culture in order to improve the quality of graduates at SDN UTAMA 1 Tarakan. Data obtained through the process of interviews, observation and document study. The results of this study indicate that (1) SDN UTAMA 1 Tarakan has planned the implementation of the values ??of Strengthening Character Education (PPK) properly by planning according to the assessment guidelines on planning to strengthen character education, (2) SDN UTAMA 1 Tarakan has implemented values Strengthening Character Education (PPK) is in accordance with practical guidelines for the implementation of the values ??of strengthening character education based on school culture and (3) The implementation of the values ??of Strengthening Character Education is also very influential in the acquisition of academic and non-academic achievements. Keywords: Strengthening Karakter Education, KDP, School Culture, Planning, Implementation, Impact

Detail Informasi