Deskripsi Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT AL Mustaqim Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT AL Mustaqim Tarakan

Deskripsi Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT AL Mustaqim Tarakan

Pengarang : Reky Andrian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Al Mustaqim Tarakan. Dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskrispi peran kepala sekolah sebagai supervisor pada masa pandemi covid-19 di SDIT AL Mustaqim Tarakan. Jenis Penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan dilaksanakan di SDIT Al Mustaqim Tarakan. Sumber data pada penelitian ini data primer dan skunder, informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru kelas. Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik ke absahan data yang digunakan triangulasi teknik sumber dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor pada masa pandemi covid-19 di SDIT Al Mustaqim Tarakan tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang supervisor dengan efektif. Hal ini dibuktikan bahwa kepala sekolah selalu menyusun program supervisi walaupun dimasa sulit pandemi covid-19 dan sesuai dengan prosedur menyusun program supervisi, mengobservasi guru, melakukan pertemuan sebelum melaksanakan supervisi, mempersiapkan materi supervisi, menyusun jadwal pelaksanaan supervisi dan terdapat instrumen supervisi.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Supervisi, Covid-19

This study aimed to describe the role of the principal as supervisor at SDIT Al Mustaqim Tarakan during the Covid-19 pandemic. The research design used descriptive qualitative and it was conducted at SDIT Al Mustaqim Tarakan. the data in this study were primary and secondary data and the subjects were the principal, school supervisors and teaches. The data analyses were interviews, observation and documentation. The data obtained were validated using triangulation of source ad time techniques. The results of this study found that the principal kept doing the duties as supervisor effectively at SDIT Al Mustaqim Tarakan during the Covid-19 pandemic. lt was proven that the principal always prepares supervision program and it is appropriate with the procedures such as compiling supervision program, observing teachers, having meetings before carrying out supervision, preparing a supervision material and a schedule before implementing supervision and providing supervision instruments. Keywords: Principal, Supervition, Covid-19

Detail Informasi