Pengaruh Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 006 Tarakan

Pengaruh Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 006 Tarakan

Pengarang : Nur Rahmad - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa pada tema 2 subtema 1 Kelas IV SD Negeri 006 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Dengan populasi siswa kelas IV SDN 006 Tarakan dan sampel yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV A yang diberikan perlakuan. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan dengan bantuan Software SPSS V.21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukakan dari hasil korelasi diperoleh bahwa Pengaruh Penerapan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Saintifik mempunyai hubungan yang kuat terhadap Hasil Belajar siswa dengan hasil korelasi 0,802, koefisien determinasi sebesar 64,3 % dan pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 4,836 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df=15-2 di peroleh t tabel 1,770 berarti t hitung > t tabel. Penelitian ini dilakukan di tahun 2020.

Kata Kunci: Pembelajaran Literasi Sains, Hasil Belajar Siswa

This research aimed to investigate the effect of the use of scientific based science literacy on student learning outcomes on theme 2 sub-themes I at fourth grade of SD Negeri 006 Tarakan. This research was quantitative experimental research design using Pre-Experimental with One-Shot Case Study. The population of this research was the fourth grade students of SDN 006 Tarakan and the sample was class IV-A which was given a treatment. The sampling technique was purposive sampling. The data in this study were processed using SPSS V.21 software for windows. The result of this research showed that the use of scientific based science literacy had a strong effect on the student learning outcomes with the correlation result of0.802, the coefficient of determination was 64.3% and the hypothesis testing was 4.836 at the significant level of a =0,05 with df = 15-2 and the ta. I.770 meaning that tsaa was higher than tae (lies«Ptaa, This research was conducted in 2020. Keywords: Science Literacy Leaming, Student Leaming Outcomes

Detail Informasi