
Identifikasi Kesulitan Yang Dialami Siswa Kelas VIII SMPN 7 Tarakan Dalam Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring
Pengarang : Mariani Nahampun - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMP Negeri 7 Tarakan secara daring selama kegiatan belajar mengajar dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan dalam belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan bantuan microsoft excel untuk menganalisis data hasil penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Tarakan yang berjumlah 111 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan mengalami kesulitan belajar. Kesuliyan yang dialami siswa adalah kesulitan teknis, kesulitan pelaksanaan pembelajaran dan kesulitan faktor eksternal. Sebanyak (16%) siswa sangat tidak setuju, (26%) tidak setuju, (34%) setuju, dan (24%) sangat setuju yang mengalami kesulitan teknis, sebanyak (16%) siswa sangat tidak setuju, (27%) tidak setuju, (38%) setuju, dan (19%) sangat setuju mengalami kesulitan pelaksanaan pembelajaran, dan sebanyak (11%) siswa sangat tidak setuju, (23%) tidak setuju, (36%) setuju dan (30%) sangat setuju yang mengalami kesulitan faktor eksternal.
Kata Kunci: Kesulitan, Matematika, Pembelajaran Daring
This quantitative descriptuve research aims to determine the eight grades’ difficulties with SMP Negeri 7 Tarakan in virtual mathematics class. The research instrument was a questionnaire sheet. The data analysis instrument used in this study Microsoft Excel. The research subject was 111 eighth graders of SMP Negeri 7 Tarakan. The results showed that difficulties in mathematics drove the eighth-graders of SMP Negeri 7 Tarakan during an online class. The challenges experienced by students were technical, learning activities, and external factor. 16% of students strongly disagreed, 26% disagreed, 34% agreed, and 24% claimed they found technical difficulties, 16% of students strongly disagree, 27% disagree, 38% agree, and 19% strongly agree with learning activities issues. 11% of students strongly disagree, 23% disagree, 36% agree, and 30% strongly agree with external factor difficulties. Keyword: Learning Difficulty, Mathematics, Online Learning