
Etnomatematika: Konsep Matematika Pada Ukiran Rumah Adat Toraja
Pengarang : Selvi Darlin Rombe - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konsep matematika apa saja yang terkandung dalam ukiran-ukiran yang terdapat pada rumah Tongkonan adat Toraja dan padangan siswa SMPN 3 Tarakan jika dalam proses pembelajaran matematika mengandung konteks yang berbasis etnomatematik. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam hal penentuan subjek lokasi, sampel serta sumber data dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara dan analisi. Setelah melakukan pengumulan data maka dilakukan analisis data dengan cara mereduksi data, kemudian menyajikan data dan setelah itu melakukan penarikan kesimpulan. Adapun di dapatkan temuan penelitian yaitu terdapat beberapa konsep matematika yang terkandung dalam ukiran rumah adat toraja antara lain: 1) Konsep bangun datar yang terdapat pada ukiran Pa’Sekong Kandaure yang berbentuk persegi panjang, Pa’Pollo’ Songkang berbentuk belah ketupat, Pa’ Barre Allo berbentuk lingkaran dan Pa’Kollong Bu’Ku yang berbentuk segitiga. 2) Konsep simetri juga terdapat pada ukiran rumah tongkonan adat Toraja yaitu pada ukiran Pa’Tedong yaitu bentuk simetri lipat. Selain itu diperoleh juga temuan mengenai pandangan siswa SMPN 3 Tarakan bahwa mereka tertarik dan setuju apabila dilakukan pembelajaran matematika di kelas dengan menggunakan konteks etnomatematika.
Kata Kunci: Etnomatematika, Ukiran Rumah Adat Toraja
This research was conducted to know what mathematical concepts are contained in the carvings contained in the Toraja traditional Tongkonan house and the views of SMPN 3 Tarakan students if the mathematics learning process has an ethnomathematical-based context. This type of research is qualitative research using a case study approach. This study used the purposive sampling technique to determain the subject location, sample, and data sources. The data collection techniques used are observation, interviews and analysis. After collecting data, data analysis is carried out by reducing the data, then presenting the data and then drawing conclusions. The findings of the research were that there are several mathematical concepts contained in the carvings of traditional Toraja houses, including 1) The concept of the plane figure is found in Pa'Sekong Kandaure carvings in the form of a rectangle, Pa'Pollo' Songkang is a rhombus, Pa' Barre Allo is circular and Pa'Kollong Bu'Ku is triangular. 2) The concept of symmetry is also found in the carving of the Toraja traditional tongkonan house, namely the Pa'Tedong, which is a form of folding symmetry. In addition, that there were findings regarding the views of the students of SMPN 3 Tarakan that they were interested and agreed when learning mathematics in the classroom using an ethnomathematical context. Keywords: Ethnomathematics, Carving Traditional House Of Toraja