
Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Study Science Berbasis Android Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V SD Patra Dharma Tarakan
Pengarang : Holly Bill - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Study Science berbasis android pada materi sistem pernapasan manusia yang berkualitas dilihat dari aspek kelayakan dan ketertarikan siswa. Media pembelajaran ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh guru sekolah dasar untuk melaksanakannya kedalam proses belajar dan mengajar, apalagi ditengah wabah Covid-19 saat ini yang dimana guru sangat membutuhkan media pembelajaran inovatif agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi melalui tahapan (potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk). Penilaian prosedur dinilai oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Patra Dharma Tarakan dengan jumlah siswa sebanyak lima orang. Kriteria kualitas media pembelajaran yang baik memenuhi dua aspek, sebagai berikut: aspek kelayakan dan aspek ketertarikan. Kriteria kualitas media pembelajaran aplikasi Study Science berbasis android pada materi sistem pernapasan manusia dilihat dari aspek kelayakan memperoleh skor sebesar 82,78% yang dikategorikan layak jika mencapai persentase minimal 76%. Dari aspek ketertarikan sebesar 85,40% yang dikategorikan menarik jika mencapai persentase minimal 76%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi Study Science layak digunakan dan menarik bagi siswa.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi Study Science, Model Borg and Gall
This study aimed to develop learning media in the form ofan Android-based study science application on quality human respiratory system material seen from the aspects of student feasibility and interest. This learning media is one of the media that can be used by elementary school teachers to implement it into the learning and teaching process, especially in the midst of the current Covid-19 outbreak where teachers really need innovative learning media so that students don't feel bored in participating in learning. The development procedure used a modified Borg and Gall development model through stages of potential problems, data collection, product design, design validation, design revision and product testing. The procedure was assessed by three experts, namely media experts, material experts and practitioner experts. The subjects of this study were fifth grade students of SD Patra Dharma Tarakan with a total of five students. The criteria for the quality of good instructional media fulfilled two aspects, namely the feasibility aspect and the interest aspect. From the aspect of feasibility, the score of criteria for the quality of the learning media was 82. 78% categorized as feasible. From the aspect of attraction, it was 85.40% categorized as attractive. lt was concluded that the study science application learning media was feasible and attractive to students. Keywords: Research and Development, Leaming Media, Study Science Application, Borg and Gall Model