Math Learning Loss Pada Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Math Learning Loss Pada Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Tarakan

Math Learning Loss Pada Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Musdalifah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan math learning loss yang dihadapi siswa Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan serta mendeskripsikan proses mitigasi terhadap math learning loss pada Siswa Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam hal penentuan subjek lokasi, sampel serta sumber data dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data maka dilakukan analisis data dengan cara mereduksi data, kemudian menyajikan data dan setelah itu melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan analisis dokumentasi terhadap indikator perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kemampuan pemahaman matematis dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terjadi math learning loss pada siswa akuntansi kelas XI di SMK Negeri 1 Tarakan. Pihak sekolah juga telah melakukan mitigasi terhadap dampak math learning loss yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan oleh guru, perpanjangan waktu belajar dan pemberian penguatan materi.

Kata Kunci: Math Learning Loss, Mitigasi

This study was conducted to describe math learning loss faced by students and describe the mitigation process against math learning loss in Class XI Accounting Students at SMK Negeri 1 Tarakan. This type of research is qualitative research using a case study approach. To determine the subject location, sample and data sources in this study used the purposive sampling technique. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis is done by collecting data, reducing data, then presenting the data, and then drawing conclusions. Based on the results of observations, interviews, and documentation analysis on indicators of learning planning, implementation of learning, mathematical understanding abilities, and student learning outcomes, it shows that math learning loss occurs in accounting students in class XI at SMK Negeri 1 Tarakan. The school has also mitigated the impact of math learning loss by participating in teacher training, extending study time, and providing material reinforcement. Keywords: Math Learning Loss, Mitigation

Detail Informasi