Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Hang Tuah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar  Siswa Kelas X MIA SMA Hang Tuah Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Hang Tuah Tarakan

Pengarang : Pepri Komba - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Hang Tuah Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest-posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Hang Tuah Tarakan. Hasil penelitian kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas konrol hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,695 pada taraf signifikansi 0,05 dan df 67 diperoleh nilai ttabel 1,996 berarti thitung> ttabel dan untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung sebesar 2,323 pada taraf signifikansi 0,05 dan df 67 diperoleh nilai ttabel 1,996 berarti thitung> ttabel. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Hang Tuah Tarakan.

Kata kunci : Contextual Teaching And Learning, Memecahkan Masalah, Hasil Belajar, Pembelajaran.

This study aims to determine the effect of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model on the problem-solving abilities and learning outcomes of X MIA students of SMA Hang Tuah Tarakan. This research is a quantitative research using quasi-experimental. Data collection in this study used pretest-posttest with a population of all students of class X MIA SMA Hang Tuah Tarakan. The results of the research on problem-solving abilities and student learning outcomes indicate that there is a difference between the experimental class and the control class, this is evidenced by the tcount of 2.695 at a significance level of 0.05 and degree of freedom = 67, the ttable 1.996 means tcount> ttable and for student learning outcomes obtained tcount of 2.323 at a significance level of 0.05 and degree of freedom = 67 obtained ttable 1.996 means tcount> ttable. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is an effect of the Contextual Teaching and Learning Problem Solving Ability and Learning Outcomes of Class X MIA students at Hang Tuah High School Tarakan. Keywords: Contextual Teaching And Learning, Problem Solving, Learning Outcomes, Learning

Detail Informasi