Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Kelas VIII Pada Pelajaran IPA Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Kelas VIII Pada Pelajaran IPA Di Kota Tarakan

Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Kelas VIII Pada Pelajaran IPA Di Kota Tarakan

Pengarang : Choirunnisak - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognitif siswa pada pelajaran IPA kelas VIII SMP di Kota Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket Metacognitive Awarance Inventory (MAI) pada siswa yang terpilih menjadi sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kota Tarakan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa yang terhimpun dari 27 siswa dari sekolah A, 28 siswa dari sekolah B dan 25 siswa dari sekolah C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif siswa pada pelajaran IPA kelas VIII SMP di Kota Tarakan memiliki kemampuan metakognitif yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah responden sebanyak 57,73% memiliki pengetahuan deklaratif baik, kemudian 55,98% responden dengan pengetahuan prosedural yang baik dan 46,44% responden memiliki pengetahuan kondisional baik. Selanjutnya pada aspek keterampilan metakognitif, terdapat 56% responden memiliki keterampilan merencanakan yang cukup baik, kemudian sebanyak 51,61% responden keterampilan memantaunya baik dan 50,90% responden yang memiliki keterampilan mengevaluasi cukup baik.

This is a descriptive a quantitative research, which aims to determine the metacognitive abilities of students on science of eighth graders in Tarakan. The data was collected using Metacognitive Awareness Inventory (MAI) questionnaire given to students selected as samples. The population in this study are all students of class VIII eighth graders high school in Tarakan. The sample is selected using purposive sampling there 80 students consisted of 27 students from school A, 28 students from school B and 25 students from school C. The results show that the metacognitive abilities of students on science of eighth graders in Tarakan is good.The data shows that there are 57,73% respondents who are good ini declarative knowledge, 55,98% respondents who are good in prosedural knowledge and 46,44% respondents who are good in conditional knowledge. Furthermore, in the component of metacognitive skills there are 56% respondents have good planning skills, then 51.61% of students have good monitoring skills and 50.95 students have good evaluation skills.

Detail Informasi