Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 Di SDN 015 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 Di SDN 015 Tarakan

Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 Di SDN 015 Tarakan

Pengarang : Siti Nurhalizah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran guru dalam pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian yaitu SDN 015 Tarakan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 015 Tarakan telah menjalankan perannya (1) sebagai demonstrator, yaitu guru telah membuat perangkat pembelajaran secara daring, guru menyampaikan materi dengan yakin, membuka diskusi tanya jawab di grup whatsapp dan siswa juga bisa menghubungi guru melalui pesan pribadi, (2) sebagai pengelola kelas, yaitu guru telah mempersiapkan pembelajaran daring, baik secara administratif maupun sikap mental guru untuk mengatur grup whatsapp. Guru juga memberikan apersepsi, motivasi dan semangat kepada siswa dan mengatur kelas dengan menegur siswa melalui chat pribadi, telepon bahkan membuat surat pemanggilan ke sekolah, (3) sebagai fasilitator, yaitu guru telah mengusahakan sumber dan fasilitas belajar seperti buku, media belajar dan paket data. Guru memberikan materi secara merata di grup whatsapp dan menggunakan media video yang menarik, (4) sebagai evaluator, guru melaksanakan evaluasi dengan memberikan tugas kepada siswa melalui grup whatsapp, melakukan penilaian dan menindaklanjuti hasil evaluasi secara proporsional dengan menegur, menasehati bahkan memanggil orang tua/siswa. Adapun faktor pendukungnya adalah sistem manajemen dan administrasi pembelajaran yang lengkap dari guru, handphone android dan paket data internet yang stabil, serta kerja sama yang baik antara guru, orang tua dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum semua orang tua mampu membimbing anaknya dalam pembelajaran daring, belum semua siswa/orang tua mampu dalam mengoperasikan hanphone android dan aplikasi whatsapp, tidak semua siswa/orang tua memiliki handphone android dan mampu memenuhi paket data internet, serta tidak semua siswa/orang tua dapat bekerja sama dengan guru.

Kata Kunci: Peran Guru, Pandemi COVID-19, SDN 015 Tarakan

This study focused on the role of teachers in learning during the Covid-19 Pandemic, supporting and inhibition factors in learning during the Covid-19 Pandemic. This study was qualitative –descriptive. This study was conducted at SDN 15 Tarakan. The research subjects were the headmaster, teachers, students, and the parents. The method used in collecting the data was an interview, observation, and documentation. The analysis was carried out through data reduction, data presentation, data verification, and data retrieval. The result showed that the role of the teacher in learning during the Covid-19 Pandemic at SDN 015 Tarakan was carried out their role 1) As a demonstator, the teacher has created an online learning tool, the teacher carries the subject confidently, releases a discussion of answers in the WhatsApp group and students can also contact the teacher through personal messages. 2) As a class manager, the teachers have prepared external learning, both administratively and mentally, to organize the WhatsApp group. Teachers also give perception, motivation, and enthusiasm to students and organize classes by persuading students through private chats, telephones even make calls to the school. 3) As a facilitator, the teachers has required learning resources and facilities such as books, learning media, and data packages. The teacher gives the material consistenly in the WhatsApp group and uses interesting video media. 4) As an evaluator, the teacher performs the evaluation by assigning tasks to the students through the WhatsApp group, performs the evaluation, and continues the evaluation result proportionally, giving advice even to call parents or students. The supporting factors are a complete learning management and administration system from teachers, android mobile phones, and stable internet data packages, as well as good cooperation between teachers, parents, and students. While the inhibiting factors are that most parents are not able to guide their children in online learning, operate android cellphones and WhatsApp applications, accomplish internet data packages, and collaborate with teachers. Keywords: The Role of Teachers, The Covid-19 Pandemic, SDN 015 Tarakan

Detail Informasi