Pengembangan Media Cetak Bio-Booklet Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Regulasi Untuk SMA Kelas XI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Cetak Bio-Booklet Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Regulasi Untuk SMA Kelas XI

Pengembangan Media Cetak Bio-Booklet Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Regulasi Untuk SMA Kelas XI

Pengarang : Ario Teguh Cahyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas media cetak bio-booklet sebagai media pembelajaran pada materi sistem regulasi pada materi sistem regulasi untuk SMA kelas XI berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi; (2) mengetahui respon guru biologi dan siswa terhadap media cetak bio-booklet sebagai media pembelajaran pada materi sistem regulasi pada materi sistem regulasi untuk SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) . Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Penelitian ini dibatasi pada tahap development. Penilaian produk dilakukan 3 orang ahli, yaitu ahli media, ahli materi, ahli praktisi. Uji lapangan dilakukan di sekolah SMAK Frater Don Bosco, uji coba produk awal menggunakan siswa kelas XII IPA sebanyak 6 orang dan uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas XI IPA sebanyak 31 orang. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa (1) media cetak bio-booklet yang dikembangkan mendapatkan nilai dari ahli media dengan presentase sebesar 89.58% (sangat layak); ahli materi sebesar 82,5 (sangat layak); ahli praktisi sebesar 82,5 (sangat layak); (2) respon guru biologi memperoleh nilai dengan presentase sebesar 92,85 (sangat baik); respon siswa uji lapangan awal sebesar 89,39 (sangat baik); respon siswa uji lapangan utama sebesar 82,03 (baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media cetak bio-booklet yang dikembangkan layak digunakan.

This research is aimed to (1) find out the quality of the bio-booklet media as a biologi learning media in the subject matter regulation system for high school student of grade XI based on the media expert, namely materials expert, and practitioner expert; (2) find out biology teachers and student respons on the the bio-booklet print media as a biologi learning media in the subject matter system regulasi for high school student of class XI. This study is research and development (R&D). Procedure development using the 4D model (Define, Design, Development, and Disseminate). This research was conducted until development stage. Product assessment conducted by three expert, media expert, namely materials expert, and practitioner expert. The field trials at SMAK Frater Don Bosco, and the early field trials supported by students XII IPA programs were 6 peopel and the major field trials supported by students XI IPA program were 3i people. The result showed that (1) the bio-booklet media that was developed then evaluated by media expert with percentage 89,58 (very proper); namely materials expert is 82,5 (very proper); practitioner expert is 82,5 (very proper); (2) responses from biology teachers reach percentage 92,85 (very good); results of student responses early field trials was 89,39 (very good), student responses major filed trials was 82,03 (baik). The concluded of the reseach bio-booklet print media worthy validated and worthy used.

Detail Informasi