
Perbandingan Penerapan Metode Project Based Learning Dengan Metode Penugasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di Gugus IX Tarakan
Pengarang : Ratna Setyawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan metode pembelajaran yang tidak optimal pada pembelajaran daring di masa pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan metode Project Based Learning dan metode penugasan pada siswa kelas VI di Gugus IX Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI di Gugus IX Tarakan dan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VI-B SDN 030 Tarakan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VI-A SDN 030 Tarakan sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Hasil analisis uji Man Whitney U-test terhadap kelas eksperimen yang menerapkan metode Project Based Learning dan kelas kontrol yang menerapkan metode penugasan menunjukkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 atau probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Project Based Learning dan metode penugasan di kelas VI Gugus IX Tarakan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa metode Project Based Learning lebih meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menerapkan metode penugasan.
Kata Kunci: Metode Project Based Learning, Metode Penugasan, Hasil Belajar
One of the factors that cause of the students’ low learning outcomes is the use of learning methods which are not optimal in online learning during the current pandemic. The purpose of the research was to determine the differences in learning outcomes by implementing the project-based learning method and the assignment method to the sixth-grade students at SDN 030 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2020/2021 academic year. The research was Quasi Experiment with Nonequivalent Control Group Design. The population of the research were all sixth-grade students at SDN 030 Tarakan. The sample of the research were consisted of two classes, namely class VI-A students and class VI-B students at SDN 030 Tarakan. Class VI-B was the experimental class and class VI-A was the control class. Sampling used was simple random sampling. The results of the Man Whitney U-test analysis of the experimental class which applied the project-based learning method and the control class which applied the assignment method showed the Asymp Sig value (2-tailed) was 0.001 or the probability was less than 0.05 (0.001 < 0.05) so that null hypothesis (H0) was rejected. The results of the research indicated that there was a significant difference in student learning outcomes by implementing the project-based learning method and the assignment method in class VI at SDN 030 Tarakan. The project-based learning method further improves the student learning outcomes seen from the higher average value compared to students who apply the assignment method. Keywords: Project-Based Learning Method, Assignment Method, Learning Outcomes