Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN 051 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN 051 Tarakan

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN 051 Tarakan

Pengarang : Ina Prastaya Ningsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab pertanyaan terkait kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan materi pecahan berdasarkan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas V SDN 051 Tarakan. Informan dari penelitian ini dikelompokkan menjadi siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah. Instrumen yang digunakan seperti soal cerita matematika dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan pada kesalahan membaca didapatkan bahwa seluruh informan tidak melakukan kesalahan pada tahap ini dikarenakan memenuhi kriteria sesuai rubrik penilaian. Kemudian, pada kesalahan memahami masalah ditemukan bahwa informan dari kriteria kemampuan sedang dan rendah melakukan kesalahan dikarenakan tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Kesalahan Transformasi merupakan kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh seluruh informan baik dari kriteria kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pada kesalahan proses perhitungan, seluruh informan melakukan kesalahan yang dimana tidak mampu untuk menjalankan prosedur/langkah-langkah yang sistematis dan benar. Terakhir, kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh seluruh informan dikarenakan tidak memberikan kesimpulan dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal.

Kata Kunci: Cerita, Matematika, Newman, Pecahan, Soal

The research tends to answer questions related to errors made by the students to solve math story problems with fractional materials based on Newman's error analysis. This research was descriptive qualitative. The research was conducted at class V SDN 051 Tarakan. The respondents of the research were grouped into the students with high abilities, the students with moderate abilities, and the students with low abilities. The instruments of the research were math story questions and interview guidelines. Data collection techniques were test interview, and documentation. Data analysis techniques were data reduction, data presentation, and concluding. The results of the research showed that in reading errors found all respondents did not make mistakes because they had the criteria based on the assessment rubric. Then, in comprehension the problem errors found the respondents from the medium and low ability made mistakes because they did not write down the information that was known and asked. Transformation errors were the most common mistakes made by all respondents from the high, medium, and low ability. In the calculation process errors, all respondents made mistakes that were unable to carry out the systematic and correct procedures. Finally, writing answers errors were made by all respondents because they did not conclude the summary in solving the problems of the questions. Keywords: Math Story Problem, Story, Mathematics, Newman, Fractions, Problem

Detail Informasi