Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan Gender Di SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan Gender Di SMP Negeri 1 Tarakan

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan Gender Di SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Ade Sintiya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Tarakan dalam menyelesikan soal HOTS matematika berdasarkan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah desktiptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tarakan tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara pemberian soal HOTS, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Pemilihan subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan yaitu terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender. Siswa laki-laki hanya memenuhi 2 (dua) indikator berpikir kreatif yaitu siswa laki-laki mampu menunjukkan apa yang diketahui dan ditanyakan (kelancaran), mampu menjelaskan rumus yang digunakan (kelancaran) dan terbiasa mengerjakan soal secara terperinci (elaborasi). sedangkan perempuan memenuhi 3 (tiga) indikator berpikir kreatif yaitu siswa perempuan mampu untuk menunjukkan apa yang diketahui ditanyakan (kelancaran), mampu menjelaskan rumus yang digunakan (kelancaran), mampu mengerjakan soal dengan cara yang berbeda dengan teman lainnya (kebaruan/keaslian) dan sudah terbiasa mengerjakan soal secara terperinci (elaborasi). Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan lebih kreatif dibandingkan siswa laki-laki.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Soal HOTS, dan Gender

The objective of this study was to describe the creative thinking ability of the students of SMP Negeri 1 Tarakan in solving mathematics HOTS items based on gender. This study employed a descriptive qualitative which was carried out on the eighth-grade students of class VIII-1 of SMP Negeri 1 Tarakan in the 2021/2022 academic year. The participants were selected purposively where 3 male students and 3 female students were taken. The data were collected by distributing a test containing HOTS items, interview, and documentation which were the analyzed qualitatively using an interactive model: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed that there were differences in students’ creative thinking ability seen from gender. The male students only met 2 (two) indicators of creative thinking, namely, they were able to show what was known and asked (fluency), and explain the formulas used (fluency), and were accustomed to solving the test items in detail (elaboration). Meanwhile, the female students met 3 (three) indicators of creative thinking, namely, they were able to show what was known and asked (fluency) and explain the formulas used (fluency), were able to do the items in a different way from other friends (novelty/authenticity) and were accustomed to solving the test items in detail (elaboration). Thus it was concluded that the female students were more creative than the male students. Keywords: Creative Thinking Ability, HOTS Items, Gender

Detail Informasi